Cara Mengatasi Bootloop Dengan Mudah
Cara Mengatasi Bootloop Dengan Mudah

Cara Mengatasi Bootloop Dengan Mudah

Mengatasi Android yang Bootloop


Mengatasi Bootloop

Bootloop adalah suatu kondisi pada perangkat Android dengan ciri gagalnya pemrosesan untuk masuk ke dalam sistem. Gejala ini disebabkan oleh masalah yang bervariasi pada piranti lunak Android. Kadang penyebabnya random. Android yang tidak pernah dimodifikasi pun bisa saja mengalami Bootloop walaupun jarang terjadi.

Bisa dikatakan random karena memang tidak pasti penyebabnya. Bisa saja terjadi hanya karena salah memasang aplikasi. Tidak kompatibel walaupun aplikasi itu sempat terpasang. Yang paling sering terkena gejala Bootloop adalah Android yang telah atau sedang dimodifikasi. Misal pemasangan Rom atau kernel, gapps, dan modifikasi lainnya.

Bahkan penyebabnya hanya hal-hal sepele (di luar modifikasi) misal terjatuh. Pernah pengalaman saya mengalami bootloop hanya karena menghidupkan bluetooth ketika hendak mengirimkan file ke perangkat android atau pun non android lain. Atau tiba-tiba terjadi begitu saja ketika ponsel sedang tidak digunakan.

Seringnya, perangkat android yang mengalami gejala bootloop adalah karena gagal flashing. Misal flash Rom / Custom Rom yang tidak cocok untuk tipe smartphone. Flash gapps yang tidak kompatibel. Misal gapps untuk kitkat dipasang di android versi Jelly Bean. File zip (berupa custom rom) yang korup. Dan lain-lain.

Jangan berputus asa, karena ada istilah selama Android kamu menyala dan bisa terhubung (terdeteksi) oleh perangkat komputer, penyakit itu bisa diatasi. Atau bahkan memang tidak perlu perangkat komputer untuk mengatasi gejala Bootloop tersebut.

Solusi bootloop di antaranya adalah Wipe Data atau Factory Reset Android. Solusi ini untuk perangkat android bootloop yang bukan disebabkan oleh gagal flashing. Caranya:
  • Masuk mode recovery ponsel. Tiap Android mempunyai recovery bawaan untuk sekedar melakukan wipe data. Cara masuk ke mode recovery tiap ponsel berbeda-beda. Untuk ponsel kebanyakan menggunakan cara ini: Matikan ponsel. Setelah ponsel benar-benar mati, pencet atau hold tombol POWER (ON/OFF)+VOLUME BAWAH SECARA BERSAMAAN. untuk perangkat Samsung coba cara ini (setelah ponsel dimatikan): pencet tombol ini bersamaan, POWER(ON/OFF)+VOLUME BAWAH+HOME (lihat gambar)
masuk recovery mode, masuk cwm, mengatasi bootloop
Masuk Recovery Mode
  • Setelah masuk recovery mode, atau CWM (recovery custom) di sana akan ada opsi (pilihan): reboot system now, apply update from sdcard, wipe data/factory reset, wipe cache partition. Pilih wipe data/factory reset.
  • Tunggu sebentar sampai proses itu selesai. Itu tidak akan memakan waktu lama. Setelah dinyatakan complete (selesai) reboot ponsel, dengan memilih opsireboot system now.
  • Done.

Ingat dengan melakukan wipe data pada android maka data-data di android akan hilang. Semisal kontak, akun google, aplikasi yang telah diunduh, mungkin juga video/foto-foto pada memory internal. (data pada memory eksternal, atau sd card, tidak akan terhapus)
Bila cara itu tidak berhasil. Perngkat android masih saja mengalami bootloop. Maka kalian bisa mencoba metode flashing. Yaitu dengan flash ulang rom (baik stock rom[rom bawaan] atau pun custom rom [rom yang sudah dimodif]). Ingat satu hal. Untuk flashing rom, pastikan rom android sesuai. Harus sama tipe dan merknya. Tidak bisa flashing, misal, seri A diflash dengan seri B meski sama-sama satu brand/merk. Kecuali sudah di-patch (untuk custom rom)

Well, itulah cara mengatasi bootloop dengan mudah versi DPX. Semoga berhasil :)

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi
Previous
This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon