Mengatasi Pop Ads Malware pada Smartphone
Mengatasi Pop Ads Malware pada Smartphone

Mengatasi Pop Ads Malware pada Smartphone

Cara menghilangkan virus pada android

Malware android, virus di android, mengatasi virus android

Malware pada Android

Apa itu malware pada android? Mungkin kita ingat virus pada komputer yang bisa menyebabkan gangguan pada sistem atau lebih parahnya mencuri data-data penting dari perangkat keras milik kita.  Virus-virus itu bisa disematkan lewat perangkat aplikasi yang telah kita download dan install atau ketika kita mengunjungi suatu situs tertentu yang di dalamnya banyak sekali malware. Mungkin sama halnya dengan malware android. 

Pembedanya adalah tujuan malware tersebut ditanam ke piranti android kita. Dan seringnya yang kita temui adalah malware yang berupa banner-banner iklan tak jelas juntrungan dan asalnya. Dan jelas mengganggu.

Pernahkah smatphone kamu suka tiba-tiba keluar pop up nggak jelas yang berupa iklan atau suruhan instal suatu aplikasi? Kemunculan iklannya random, nggak tentu waktunya. Misal ketika kamu main game, buka browser atau aplikasi lainnya. Bahkan ketika kamu diam pop ads itu muncul terus. kalau pernah, selamat android kalian telah terserang malware. 

Saya juga pernah, malware menyerbu dua ponsel android saya. Ketika itu penyebabnya saya pernah buka link di suatu grup facebook yang beralamat ke suatu blog. Dan ternyata blog itu memuat berbagai macam script (entah mungkin cuma satu script, dan itu menurut pengakuan pemilik blog itu yang muncul minta maaf ketika saya mengeluhkan perihal malware tersebut).

Jadi jelas tujuan seseorang memasang malware pada ponsel android orang lain (melalui scrypt atau yang lainnya) adalah untuk mendapatkan pemasukan lewat iklan-iklan yang suka tiba-tiba muncul pada android milik kita. Sekali kita klik entah berapa rupiah yang mereka dapatkan. Dihitung-hitung, sehari saja iklan-iklan itu muncul berapa ratus kali? Sungguh cara mendapatkan uang yang sebut saja salah dan malah mengganggu. 

Di ponsel android yang satu, saya menghilangkan malware-malware itu cukup dengan factory reset dan saya tak menyangka akan berhasil. Lantas di ponsel android ke-2 metode itu tidak berhasil rupanya. Dan terpaksa saya flash ulang android tersebut. Tetapi tidak sepenuhnya flash, saya cuma restore sistem dan data yang pernah saya backup dulu pakai custom recovery. Ya walaupun ada sebagian aplikasi yang nggak update. Dan sebelum restore saya backup aplikasi yang baru diupdate, satu-satu. Setidaknya sistem ponsel saya kembali normal.

Jadi kalau diringkas, solusi menghilangkan malware:

  • Factory reset: Bisa langsung melalui pengaturan di ponsel android, atau melakukanya di recovery mode. Setiap posel tentunya terpasang mode recovery, meskipun ponsel tersebut tidak pernah termodifikasi (root, pasang custom rom, cwm, dsb).
  • Sila coba pakai antivirus, walau metode itu menurut saya masih meragukan.
  • Kalau bandel dan masih muncul pop ads tersebut, flash ulang ponsel kamu, atau restore sistem dari recovery (ini paling recommended, jadi biasakan backup, sehingga data-data kamu tidak akan hilang dan tidak harus repot-repot memasang semua aplikasi satu-satu kembali.) . 

Saya tidak pernah memasang antivirus atau aplikasi pembersih di hape saya selama ini, Jadi cuma itu salah satu metode yang DPX punya untuk mengatasi pop ads malware pada android. Mungkin ini masih termasuk masalah ringan, belum malware yang sangat bandel. Mudah-mudahan pemilik blog atau siapapun yang berada dibalik konten-konten macam begitu sadar deh.



Oke, keep ganteng, bro.
baca ini: Cara membackup data dengan menggunakan recovery android


  • Penampakan pop ads waktu di ponsel android saya:
Malware android, virus di android, mengatasi virus android

Malware android, virus di android, mengatasi virus android

Malware android, virus di android, mengatasi virus android

Malware android, virus di android, mengatasi virus android

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon