Lakukan Cara Nekat Ini Jika Ponselmu Mulai Lemot
Lakukan Cara Nekat Ini Jika Ponselmu Mulai Lemot

Lakukan Cara Nekat Ini Jika Ponselmu Mulai Lemot

cara jitu mengatasi smartphine lemot

Android Lemot

Smartphone-mu padahal RAM-nya 1Giga, penyimpanan internalnya 8gb, tetapi kalah gegas bila dibandingkan dengan ponsel teman satu gengmu yang jadul, yang RAM ponselnya cuma 512mb. Ponselmu baru beli dari ROXY, teman satu gengmu itu ponselnya hasil nemu di jamban umum pula. Pih!

Kenapa?

Saya banyak menjumpai hal-hal macam itu. Ponsel dengan spek lebih tinggi tapi lemotnya bikin merana, bikin darah tinggi. Bayangkan kalau ada urusan mendadak, urgent, tapi jadi terkendala karena untuk  buka aplikasi aja harus nunggu adzan maghrib.  Atau nunggu awkarin ganti nama jadi awawaw.

Lantas pas dilihat di dalamnya memang banyak aplikasi yang nggak penting. Aplikasi editor foto sampai 3 biji. Launcher terinstall 5 buah. Media sosial yang bahkan jarang dibuka dengan ukuran yang besar. Atau bahkan aplikasi yang kamu nggak tahu apa itu fungsinya, nempel begitu saja. Dan yang lebih parah lagi tampilan depan layar dipenuhi dengan shortcut yang udah positif itu hasil kongkalikong malware dan kawan-kawannya. Ponsel seharga lima juta, yang bisa dicelupin di es teh tawar kapan saja mendadak bengong terus saat kita nge-klik salah satu menunya. Ponselmu harus dilarikan ke dukun segera untuk pengusiran setan.

Well, sebagian lagi bimbang, galau, gegana kalau harus menghapus salah satunya karena terlalu banyak aplikasi yang digembar-gemborkan pakai judul besar di situs-situs ponsel, “60 aplikasi keren yang wajib kamu install”, atau “Instal aplikasi ini, kamu jadi keren mendadak”. Ponselmu lama-lama keluar asap, atau nggak jin tomang, bila terus-terusan kamu jejali aplikasi keren-keren-mendadak itu.

Pilihlah, ponselmu keren tetapi lemot, atau biasa aja tetapi gegas. Toh keren itu makan RAM, makan pulsa, dan lama-lama makan teman *mikir keras*

Oke lakukan hal nekat ini agar ponsel nggak lemot. 


  • Hapus dan Ganti
Bantai aplikasi yang sekiranya nggak penting dengan embel-embel keren. Suka banyak ditemui di sekitar pengguna ponsel pintar dengan aplikasi launcher yang lebih dari satu, aplikasi keyboard terinstal sampai tiga. Belum theme, atau ikon pengganti untuk launcher. Juga tema buat keyboard. Saya sempat temui di hape yang 5 jutaan tapi lemot itu (yang bisa dicelupin ke air), aplikasi locker sampai ada tiga. WADAFUQ, emang itu brangkas? Hematnya dan emang harus segera dilakukan: hapus saja, pilih mana yang lebih penting. Misal FB diganti dengan Fblite, Line pilih versi lite-nya juga. Hapus fb messenger lalu facebookan di UC Browser (;v). Serta pilih aplikasi foto yang lengkap agar nggak menginstal lebih dari satu.

Tentu saja itu kurang maksimal, karena ada beberapa aplikasi dari pabrik yang nggak bisa dihapus. Dan tentunya kamu perlu cara berikutnya.

  • Root
Banyak fungsi root yang mungkin sudah kamu ketahui. Tapi masih ragu, atau takut ponselmu mendadak nggak waras, nggak mau hidup lagi. Sebenarnya nggak perlu khawatir, bila kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, tentu nggak akan terjadi hal-hal yang menakutkan. Bila kamu nggak becus, suruh pacarmu. Bila pacarmu sama pengecutnya, suruh selingkuhanmu.

Dengan root, kamu jadi punya akses untuk melakukan apa saja ke ponsel kamu, salah satunya menghapus segalanya, kecuali kenangan.


Setelah ROOT lalu?

Instal aplikasi yang bisa menyingkirkan aplikasi-aplikasi jahanam itu. Misal titanium backup. Saya suka fitrunya karena bisa push aplikasi user menjadi aplikasi sistem. Misal saya hapus browser, keyboard dan launcher bawaan. Lalu saya instal mozilla, xperia keyboard, dan Apex launcher, lantas menjadikan aplikasi-aplikasi tersebut menjadi aplikasi sistem. Lalu saya hapus aplikasi bawaan pabrik, salah satunya adalah google search yang selalu nangkring di depan layar itu. Maps, Hangout, dan sejenis-sejenisnya yang sebelum di-root nggak bisa diusir.

  • Install Custom Rom
Ponsel dibekali ROM (stock rom) yang keren dari vendor-vendornya. Tentu dan pasti memperhitungkan tampilan yang menarik, elegan, smooth-looking, dan eye-catching. Memang kalo kita baru buka dari dus, ponsel tersebut cepat dan lincah. Tetapi pas kita gunakan kurang lebih sebulan dengan jejalan aplikasi, lantas aplikasi-aplikasi tersebut diisi dengan datanya masing-masing. Lalu kita instal cleaner-cleaner yang dengan jumawa katanya aplikasi pembersih no 1 di dunia. Kita lantas merasa percaya ketika gambar sapu atau animasi yang menggambarkan sedang menggerus sampah-sampah di layar. 543mb telah dibersihkan, smartphone mu telah cepat kembali. Setengah menit kemudian, ponselmu bengong lagi. Kayak yang bingung ketika jarimu menyentuh salah satu menunya.

Maka itu ganti rom, karena sungguh, misal, Sony dengan tampilannya yang wah, atau HTC dengan Sense-nya itu kadang nggak berkesan lagi di mata ketika lemot melanda. Instal lah custom Rom. Pilih CyanogenMod, atau AOSP, dll. Yang tampilannya biasa nggak muluk-muluk, namun dengan kecepatan yang menjanjikan. Rasakan sendiri perbedaannya.

  • Beli Hape Baru
Yu Know Wat Ay Min.

Dan selamat, setelahnya kamu bisa pamer kecepatan, ponsel kamu nggak bengong lagi ketika jemarimu menyentuh salah satu menunya.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon