Moon+Reader Terintegrasi Kamus Offline English-Indonesia [Colordict]
Moon+Reader Terintegrasi Kamus Offline English-Indonesia [Colordict]

Moon+Reader Terintegrasi Kamus Offline English-Indonesia [Colordict]


Kamus offline menyatu dengan moon+reader.

Kalian penikmat atau pembaca e-book di android atau smartphone lain, pasti kenal dengan aplikasi Moon++Reader. Yap, aplikasi buat ngebaca berbagai format e-book, semacam epub, atau lain, atau lain, atau lainnya. Kalian mungkin sudah tahu apa kelebihannya dibanding dengan aplikasi sejenis yang lain.
Jadi ceritanya kemaren-kemaren, teman saya menunjukan kelebihan lain aplikasi ini. Yaitu terintegrasinya kamus offline dengan Moon+Reader (saya dan temen saya kudet emang). Yang sebagian mengira opsi kamus hanya akan terkoneksi online apabila kita mengklik fitur itu. Termasuk saya juga sii. Enak sekali, kita nggak perlu keluar untuk membuka kamus ketika anteng membaca. Tinggal highlight kata (dengan meng-hold) yang mau dicari artinya lalu muncul semacam pop up transparan dari aplikasi colordict di layar. Yap, sekali lagi tanpa harus keluar pintu kamar terlebih dahulu. Namun data kamus yang didapat teman saya berbahasa inggris. Di dalamnya terdapat American Idiom, Cambridge Advanced learner, Collins Thesaurus, Concise Oxford English, Longman Dictionary of Contemporary, Oxford Advanced Learner, dll.

Monreader menyatu kamus offline

1, Highlight kata yang mau dicari artinya lantas pilih dict


Lantas kamus bahasa Indonesianya di mana, brur?

Kelabakan saya ketika membaca sepak terjang Philip Marlowe, Junko & Miyake, atau si anggun dan naif Sansa Stark, ngahaha. Maklum bahasa inggris saya tahunya cuma Kimochi doang. Lalu di suatu subuh yang lapar dan pengap setelah nonton dangdutan 17 Agustusan sampe tengah malam dan susah merem, saya didatangi rasa penasaran. Lalu googling. Dan saya yakin bukan artis dangdut itu yang mengetuk pintu kamar dan kewarasan saya lantas datang mengantarkan ilham. Ngahaha. Akhirnya saya menemukan data kamus bahasa indonesia untuk colordict di android. Horee, *tebarmenyan*. Oke, nggak banyak bacot lagi.

Siapkan bahan ini:

1 Sudah jelas, Moon+Reader. Sila download di Google Play
2 Colordict (kamus) , juga bisa diunduh di Google Play
3 winrar, 7zip (untuk mengekstrak bilamana diperlukan) cari di Google play, jangan cari di masa lalu #eaakk
4 1 sachet kopi good day,
5 Album Superman Is Dead Kutarock City.

Lalu data kamusnya:
1 KBBI (ini masih vesi jadul keknya) sedot di MARI
2 Thesaurus bahasa indonesia di  SINI AJA
3 Eng- In (thx to Mas Topan dan seseorang yang menyelamatkan arsipnya) bisa diunduh di MARI
4. Indo-Eng bisa diunduh di MARI

Iya, semuanya sedot. Lalu setelah terinstal moon+reader dan colordict, buka file manager di androidmu dan buat folder dengan nama dictdata di memory eksternal dan taruh semua data kamus itu di dalamnya. Formatnya .gz, .zip, dan biarkan seperti itu. Setelah semuanya di sana, buka Colordict. Aplikasi itu akan otomatis mengindex. Kalau seandainya tidak terindex coba pindahkan folder dictdata ke internal memory. 


Monreader menyatu kamus offline
Atur-atur posisi kamus yang muncul duluan di pengaturan colordict

Kalau seandainya (lagi) data kamus Eng-In tidak terindex oleh Colordict, coba ekstrak file zip tersebut lalu di dalamnya ekstrak file yang berformat .gz (untuk mendapatkan file .idx) tentu dengan menggunakan winrar atau 7zip. Dan setelahnya coba buka colordict untuk mengindexnya lagi. 
Monreader menyatu kamus offline



Monreader menyatu kamus offline

2. TUH, KAN NONGOL, NGAHAHA

Monreader menyatu kamus offline

Monreader menyatu kamus offline

mooonreader merangkap kamus offline indo
Bagi yang berhasil selamat menikmati. Sila minum kopinya sambil mendengarkan Bobby Kool nyanyi-nyanyi. Credit belong to bapak-bapak yang bikin kamus Eng-Indo. Mas topan, dan aktrtis dangdut 17an kemaren.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi

5 komentar

avatar

Makasih banyak mas, mantippss :)

avatar

Mas ko yang engklish - indo saya error terus yah, gmana itu gan?

avatar

Isinya masih Indo-eng ya mas?
Nanti saya upload lg, insyallah.
Terus coba pake cara yg terakhir.

avatar

Mas kok yg eng-indo gbisa? Isinya indo-eng


EmoticonEmoticon