Cara Upgrade HTC Desire HD a9191 (DHD) ke JB (Jelly Bean)
Cara Upgrade HTC Desire HD a9191 (DHD) ke JB (Jelly Bean)

Cara Upgrade HTC Desire HD a9191 (DHD) ke JB (Jelly Bean)

Flash, Upgrade HTC Desire HD a9191 ke android JB jelly bean


Ugrade HTC Desire HD A9191

Mungkin sudah banyak tutorial upgrade HTC Desire HD a9191 a.ka DHD a.ka ACE ke android versi JB - Jelly Bean (4.1.x, 4.2.x, 4.3.x). Namun saya akan mencoba meringkasnya dengan sederhana. 

Perangkat ini adalah smartphone keluaran lama. Pertama dibuka dari kardus, HTC Desire HD cuma dibekali oleh android versi Froyo (2.2) lalu dari HTC-nya sendiri diberi upgrade sampai GB (2.3). Dan tentu kalian ingat, ketika pertama BBM (blackberry messenger) disebar ke perangkat android, versi android minimun untuk mengisntall aplikasi tersebut harus berada di versi Ice Cream Sandwich, yang notabene-nya setingkat di atas GB. Jelas-jelas ponsel ini tidak bisa menginstall BBM pada waktu itu. 

Namun ada solusi untuk mengupgrade android untuk naik versi; Custom Rom. Yap banyak sekali custom rom yang tersebar untuk perangkat ini. Walau bisa dibilang, proses modifikasi HTC Desire HD ini termasuk susah, bahkan susah banget dibanding dengan ponsel-ponsel lain, semacam Xperia.

Tetapi tentu saja saya berhasil, diganjar dengan gadang, bergelas kopi, nikotin pak, dan bergiga-giga quota.  Baik, tidak banyak cingcong, ini cara upgrade HTC Desire HD a91991 ke JB.
Htc Desire Hd Upgrade ke JB

gambar dari mantugaul

Persiapan:
  1. Ponsel harus dalam keadaan Root
  2. Unlock Bootloader
  3. Posisi H-BOOT S-OFF (opsional)
Untuk pengguna pertama kali (ponsel masih standar) bisa ikuti langkah ini: Cara Unlock, Root, S-OFF dan pasang CWM pada HTC Desire HD A9191

catatan 1: Jika ponsel kalian berada di posisi S-ON, maka kalian harus manual flash kernel-nya sendiri via fastboot dan itu membutuhkan komputer. 

catatan 2: JIka ponsel kalian sudah dalam keadaan S-OFF makan itu mudah, kalian tinggal download custom rom yang berbentuk file .zip di sdcard lalu tinggal flash langsung via cwm 


Langkah berikutnya:

Cara masuk CWM HTC DHD: Matikan ponsel, lalu setelah mati tekan tombol power + volume bawah . Dan pilih opsi recovery.
  • Setelah masuk recovery lakukan wipe data: Factory reset, wipe dalvik cache, format system (opsi) setelah selesai klik kembali
  • Lalu Install from sdcard > choose zip from sdcard > lalu pindai, biasanya rom ada di luar folder (di bawah) tapi tergantung kamu menyimpannya. Pilih rom tadi. Klik yes jika ada prompt continue install.
  • Install gapps (ini tergantung custom rom nya, biasanya CM harus pake gapps)
  • Done!
Tambahan untuk pengguna HTC yang masih dalam keadaan S-ON, kalian harus flash kernel manual, kalau tidak ponsel kalian akan bootloop. 

Tambahan untuk HTC Desire HD yang masih dalam posisi S-On (Ponsel kamu akan bootloop karena belum flash kernel)
  • download file ace_tools dari tautan atas (cara unlock htc desire hd) ace_toolsnya saja, lalu ekstrak dan simpan di partisi c di komputer, c:/ace_tools
  • Ekstrak custom rom. Kamu akan mendapati beberapa folder. pindahkan atau copy file boot.img, ke dalam dolder ac_tools di C tadi. 
  • Matikan ponsel dan masuk mode bootloader (tombol power+up tanpa masuk recovery)
  • Sambungkan kabel usb ke komputer
  • Buka cmd di pc (ketik cmd disearch)  dan arahkan ke folder ace_tools: dengan perintah (command) cd <lokasi folder ace-tools > atau  cd C:\ace-tools. Bisa juga dengan cara kamu masuk ke folder ace_tools pencet shift + klik kanan di mouse lalu pilih open cmd di sini. Ketik fastboot devices di cmd untuk cek HH kamu sudah terkoneksi apa belum. Lalu ketik perintah: fastboot flash boot boot.img
  • Done, restart.
Itulah cara upgrade Htc Desire Hd a9191 ke android Jelly Bean. 

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon