Hapus 30 Aplikasi Ini di Android Kamu
Hapus 30 Aplikasi Ini di Android Kamu

Hapus 30 Aplikasi Ini di Android Kamu

Cara mengatasi android yang lemot dengan menghapus aplikasi bawaan.


Mengatasi Android yang Lemot


Ini masih termasuk seri artikel melegakan kinerja ram di android. Dan sekali lagi ini adalah opsi (pilihan) bagi pengguna android yang stress menghadapi kapasitas storage (penyimpanan) yang kalau penuh ponselmu akan melambat.

Untuk pengguna ponsel yang kekinian dengan ram yang tinggi (sekitar 2-3gb) dan internal storage yang lega sampai 8gb, misal, mungkin tidak akan menemui hal-hal mengganggu yang terlalu berarti. Ini adalah untuk pengguna ponsel-ponsel lawas yang ternyata masih lebih banyak penggunanya. Yang hanya mempunyai ram sekitar 512 (bahkan kurang) sampai 1gb (iya, banyak kok yang lemot walau ram sudah mencapai 1 gb).

Sering mungkin kalian mendapatkan peringatan “insuficient memory” atau “low storage” lalu ada tanda cakram (disc) penyimpan di bar atas dengan tanda seru, sejajar dengan penunjuk jam, kalau kalian hendak menginstall aplikasi lagi tentu tidak akan cukup.  
Untuk hal itu kalian bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan ini (dari setiap ponsel mungkin berbeda) Ada tahapan yang bisa dinamai tahap ekstreme dalam penghapusan aplikasi ini. Saya akan ngasih opsi untuk penggantinya juga. Pertimbangkan aplikasi-aplikasi bawaan ini.

1. Adobe reader (Hapus, pakai aplikasi yang multifungsi, misal moonreader bisa sekalian baca ebuk)
2. Car (Opsi: Kalau sampean punya mobil atau bahkan mungkin mau ponsel kalian nongkrong di motor seperti bapak ojek online aplikasi ini berguna sangat, kalau jauh dari itu Hapus saja)
3. Dropbox (Suka menyimpan file di cloudstorage? Masih jarang sii, dan sebagian besar pengguna di indonesia belum sadar dan belum perlu aplikasi ini, kecuali tentu saja golongan tertentu. Maka hapus!)
4. Es file Explorer (Opsi, bisa diganti dengan explorer yang lebih kecil ukurannya dan nggak neko-neko)
5. Facebook (ini aplikasi gede banget , apalagi dulu, hapus saja ganti dengan FB lite, atau facebookan di peramban[browser bawaan].
6. Friend Stream (Timeline dari berbagai media sosial, hapus saja. Kita bisa akses langsung dari app medsos itu sendiri. Karena kadang nggak update dan tampilannya, bilang saja, jelek)
7. Hangout (Sedikit yang pakai app ini, hapus!)
8. Internet/browser (Hapus, lalu ganti dengan peramban lain, misal mozzilla, atau bahkan ganti saja dengan yang lebih lite, misal UC Browser, atau Opera Mini)
9. Local (Sepaket dengan maps,  hapus)
Galery (Kadng galeri bawaan tampilannya jelek, apalagi android JB ke bawah> ganti dengan quickpic)
10. Fm Radio (Bagi yang sinyalnya jelek, atau yang di kampung, hapus saja)
11. Maps (Opsi, dan ini udah mode ekstreme, tergantung app ini berguna apa tidak)
12. Locations (sepaket dengan maps, hapus)
13. Mail (Aplikasi email, hapus, karena Gmail sendiri sudah bisa ditambah dengan penyedia server mail lain, seperti yahoo dan yang lainnya)
14. PDF Viewer (Hapus kalo tidak perlu, atau ganti dengan office suite pro yang sekalian bisa edit docx)
15. Notes ( Let’s see... Okay, HAPUS)
16. Polaris Office (Hapus, ganti dengan office suite pro seperti yang disebutkan di atas.)
17. Google Search (Demi memory, hapus saja lalu buka browser dan ketik di sana, kecuali emang suka banget ngucapin “Ok, Google”)
18. Setup (Hapus, ini hanya sebutlah intro ketika ponsel pertama kali dinyalakan)
19. SIM Toolkit (Hapus, lumayan biar nggak keliatan sesak)
20. SoundHound (Kita nggak perlu benar aplikasi ini, kan?)
21. Stock (Hapus)
22. Task (Hapus)
23. Transfer (Hapus)
24. TuneInRadio (Opsi, semacam Radio online, orang-orang pasti mikirin quota daripada sekedar dengerin musik yang random)
25. Twitter (opsi, bisa diakses di peramban)
26. Weather (Hapus aja, sediain payung dan doa)
27. Youtube (Kalo miskin quota, let’s see... Hapus! Gunakan peramban)
28. Voice Recorder (Di sebagian ponsel, aplikasi ini jelek)
29. Widget (Pecayalah, semacam widget-widget yang tampil di muka ponsel itu lama-lama nggak ngaruh sama kesukaanmu, tetap aja kamu akan buka aplikasi yang terkait.)
30. Aplikasi yang tidak nongol di permukaan, seperti aplikasi di accesibility di setting. 

Saya juga tidak nyangka akan menghapus 30 aplikasi, tapi well, saya sendiri lebih banyak menghapus aplikasi di dalam ponsel saya. Termasuk yang tidak nampak di permukaan(?).

mengatasi android lemot
mengatasi android lemot



Perlu diingat, pembantaian massal ini tidak akan terselenggara jika ponsel kalian belum di-root. Maka root lah, toh tidak menyebabkan ponselmu keluar jin axis.


Terus ingat lakukan Backup dulu sebelum menghapus aplikasi yang menurut kamu akan dipergunakan lagi nanti. Semisal saya backup maps, SIM Toolkit (ini digunakan untuk registrrasi awal kartu baru, perdana)  

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon