Memperbaiki Error bX-70ur5u
Memperbaiki Error bX-70ur5u

Memperbaiki Error bX-70ur5u

Fix Error bX-70ur5u. Cara mengatasi tidak bisa upload atau edit template blogger


Apa itu error bX-70ur5u? 

Kalian blogger mungkin sudah tahu dan hapal jenis error semacam ini. Biasanya error bX ini sering muncul ketika akan upload/mengganti template blogger kalian atau juga dalam hal lain. Namun apa sebenarnya error ini, apa yang menyebabkannya? Karena kadang kemarin-kemarin normal saja ketika kita edit template melalui “edit html” atau langsung upload via menu “cadangkan/pulihkan”.

Well, kita dengar apa yang mereka bilang soal error bX ini:

“Bx-error codes are mysterious but annoying error which has become every blogger users nightmare and that puts them from using Blogger.” | deeepak kamat”
 “Bx-error codes are the most evil thing on Blogger and no user want to face it, just to get rid of it you can try different ways, which you will learn in.....”

Jadi error semacam ini udah lumrah (ijinkan saya ketawa meringis dulu), misterius tetapi lumayan bikin risih dan mengganggu. Jadi momok menakutkan bagi para blogger (benarkah?) dan ini, “yang paling jahat, yang paling iblis.” [*dies*]

Ini berdasarkan pengalaman, saya akan ceritakan kronologinya. Waktu itu saya sedang sibuk mengedit template blog. Template blog saya rubah dari responsif ke template AMP valid. Waktu yang dihabiskan pun hampir lumayan lama, dari pengeditan postingan, perubahan penulisan kode untuk gambar, dan lain-lain, kalian mungkin lebih paham. Saya hampir ikutan botak seperti Kang Adhi Kompi Ajaib karena template AMP ini, haha, (salute buat beliau).

Lalu dari seringnya saya edit html, muncullah error bX-70ur5u. Tidak tahu persis apa penyebabnya. Gejalanya yang muncul pertama adalah saya tidak bisa edit template sama sekali, meskipun saya edit langsung dari laman dashboard blogger (box edit html), ataupun lewat notepad terlebih dahulu. Ketika di-saving, laman itu tidak memberitahukan error apapun. Biasanya kalau ada masalah mark-up, misal kurang penutup <div> atau apa, akan diberitahukan dengan huruf merah langsung di atas box edit html. Tetapi ini tidak sama sekali. Tidak ada peringatan, tidak ada perubahan juga di template. Intinya, template yang sudah kita edit seperti tidak tersimpan.

Saya penasaran. Padahal waktu itu saya cuma edit tulisan yang muncul di bagian atas artikel, <p>blablablabla</p> tapi selalu gagal ketika di-save. Lalu saya coba ganti dengan template lain, tapi masih custom template. GAGAL. Lalu saya coba ganti dengan custom responsive, masih GAGAL. Metode penggantian template yang biasa saya lakukan adalah copas dari xml langsung ke box edit html. Saya pun mencoba upload lewat menu “Cadangkan/Pulihkan” tetap saja gagal dan malah mendapat pop up pemberitahuan error bX-70ur5u. Pun ketika saya ganti browser dari chrome ke Internet Explore. Mozzila pun sama saja ketika berkali-kali saya refresh laman.

Saya belum stress, karena saya cuma ingin mengubah sedikit dari template yang sedang saya gunakan pada waktu itu. Cuma saya masih penasaran. Akhirnya saya ganti template yang sedang saya gunakan dengan template bawaan blog dengan niat “memancing”. Lalu perubahan terjadi, template berhasil diganti. Tampilan blog saya jadi simpel tentunya. Dan kemudian, saya coba ganti dengan template semula yang sudah saya edit. Dan GAGAL.

Di tahap ini saya mulai stress karena selain sudah coba metode ganti browser, bersihkan caches dan cookies, lepas ekstension, ganti template custom dengan yang lain, jungkir balik, googling sana-sini, mindai topik forum, tidak ada solusi yang berarti. Hasilnya Nihil. Bahkan saya coba ganti akun dengan masuk ke blog lain (masih dalam 1 email) tetap gagal ganti template. Pun ketika saya membuat blog baru (beda email) tetap saja saya tidak bisa ganti template dan malah keluar error bx itu bila upload xml. Dan dalam dua hari saya tidak bisa apa-apa. Lalu apa yang terjadi, pengindexan artikel blog saya di mesin pencari google, menurun parah. Nasib [cries].

Baca; Salah ganti template google index turun

And then, how to fix bx-70ur5u [?] Emm, bisa diakali kalau sekadar mau edit template. 

fix bx-70ur5u

Oke cukup curhatnya, ini solusi dari pengalaman saya untuk memperbaiki error bx-70ur5u.  Ternyata simpel. Simpel nggak simpel sii. Yang mesti diingat perjuangannya untuk bisa ke tahap yang rupanya simpel itu [smileonta]

#1. Ubah template ke template bawaan blogger terlebih dahulu (terserah yang mana saja).
#2. Buka / gunakan browser mozzila firefox, masuk ke dashbor, pilih template.
#3. Untuk upload template yang sudah kalian edit, pakai sistem copy / paste template xml ke box edit html (jangan menggunakan metode upload via “cadangkan/pulihkan”) untuk buka format xml, bisa gunakan notepad++.
fix bx-70ur5u

#4. Sebelum kalian “save”, klik terlebih dahulu fitur “Format Template”. Tunggu sebentar jangan langsung di-save.
fix bx-70ur5u
#5. Akan muncul POP UP dari mozzila (biasanya sii) “unrensponsive script”. Nah di sini kalian klik “Stop Script”. Lalu dialog box itu akan menutup.
fix bx-70ur5u #6. Tunggu beberapa jenak, setelah itu coba simpan / save template.
fix bx-70ur5u #7. DONE!

Ini hanya trik untuk yang mau edit template dan terkendala sama error tersebut. Karena toh error itu masih ada. Semoga membantu.



Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi

2 komentar

avatar

kode error bx nya beda-beda ya , saya juga kena bx-dggpggp tidak bisa membuka pesan , draft , post dll cuma loading saja padahal sama sudah refersh clear ganti browser dll

avatar

Iya, emang ada-ada saja. Waduh errornya situ mantap juga ya Bang..


EmoticonEmoticon