Salah Ganti Template Blog  Mempengaruhi Google Index
Salah Ganti Template Blog  Mempengaruhi Google Index

Salah Ganti Template Blog Mempengaruhi Google Index

Gonta-ganti template mempengaruhi google index.


Apa benar begitu?

Pertama kita harus tahu dulu sifat-sifat template blog yang ada. Suka ada istilah template mempengaruhi SEO, berpengaruh di mesin pencari google. Mungkin kalian juga pernah lihat sewaktu mencari custom template buat blog kalian di internet, kalian menemukan istilah, katanya pakai template ‘anu’, artikel yang kita post jadi cepat muncul di halaman pertama mesin pencari google.


Benarkah?
Lepas dari itu, saya tidak tahu. Mungkin iya, tapi entah seagresif apa pengaruh template tersebut bisa membuat artikel kita nangkring di pejwan. Yang saya benar pernah rasakan adalah sifat template berdasarkan kelasnya: standar, responsive dan lainnya. Dari kecepatan loadingnya, dari bagaimana template itu menghandle tampilan ponsel, web, dsb. Itu saya baru yakin pengaruhnya memang besar sekali. Juga lepas dari masalah template premium, gretongan, kloningan dan korengan . Hihi, kalian mungkin sudah tahu sendiri perbedaan di sisi itu.

Denger-denger, perbandingan template-template itu, dari yang standar, responsive dan yang terbaru, template AMP sangat krusial. Lebih cepat empat kali dari pada kecepatan template responsive. CMIIW.

Tapi balik lagi ke topik permasalahan, apakah benar ganti template yang salah bisa mengurangi jumlah artikel kita yang sudah terindex di google? 

Sebelum saya jawab, lihat gambar di bawah ini:
google index menurun

Gambar itu adalah penghitung artikel yang sudah submitted dan indexed (di-submit dan ter-index) pada webmaster tool. Artikel yang sudah di-submit berjumlah 50 buah, sedangkan yang baru terindex cuma berjumlah 13 buah. Itu penurunan yang parah, karena sebelumnya artikel yang terindex sudah sekitar 46. Saya kaget sewaktu pertama kali melihatnya.
google index menurun

Kok bisa?

Lalu saya ingat itu terjadi sewaktu saya ganti template (ketika terkena error bx) kemarin, Selama dua hari saya menggunakan template bawaan dari google (stock template). Sebelumnya saya menggunakan custom template AMP buatan Kang Adhi Kompi Ajaib.

Bisa liat permasalah error bx dan penyeleseiannya di: Memperbaiki error bx-70ur5u

Selama dua hari itu pula, penayangan post blog saya menurun drastis di dashboard. Saya tidak habis pikir. Apakah karena sebelumnya saya menggunakan template AMP lalu (terjebak) menggunakan stock template, itu memang pengaruhnya besar?

Karena selintas, memang jelas pengaruhnya dari tampilan, gambar-gambar di blog saya tidak akan tampil di stock template atau pun di template responsive karena beda penulisan tag gambar. Di template AMP kita menggunakan img. Beda dengan, misal, pengalihan dari template responsive ke stock template, tidak akan berpengaruh kepada gambar yang diposting. Dalam catatan akan tetap nongol.

Benarkah itu masalahnya, karena rasanya, saya pun dulu sering gonta-ganti template dan tidak pernah berpengaruh besar sampai ke artikel yang diindex mesin pencari. Apakah karena saya menggunakan AMP template sebelum terjebak di stock template?

Well, sebaiknya saya ngopi dulu, semoga artikel saya cepat terindex kembali saja.

Sila share di kolom komentar kalau pernah mengalami pengalaman yang sama :)

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon