Xperia L Android N CypherOS | Kelebihan dan Kekurangan [REVIEW]
Xperia L Android N CypherOS | Kelebihan dan Kekurangan [REVIEW]

Xperia L Android N CypherOS | Kelebihan dan Kekurangan [REVIEW]

Kelebihan dan kekurangan android N pada Xperia L



Custom Rom Nougat untuk Xperia L ini berbasis AOSP (Android Open Source Project). Dirilis sekitar awal bulan September oleh Agent_faboulous, member senior di XDA (thx to him). Kalian bisa mengunjungi thread aslinya di sini [XDA] 


Saya menggunakan CypherOS ini untuk diinstall kepada xperia teman saya yang sebelumnya telah terinstall custom rom versi KitKat [Android 4.4.4]. Padahal itu tidak lama setelah beberapa bulan dia memutuskan untuk beranjak dari stock rom (rom bawaan) yang masih menggunakan android versi Jellybean (update terakhir dari Sony untuk Xperia L). Pasalnya, terakhir menggunakan stock rom, teman saya menemui berbagai kendala, misalnya tidak bisa theatering (saya masih tidak bisa mengetahui apa penyebabnya, tapi setelah di-flash oleh custom rom, masalah ini teratasi), dan kinerjanya sudah mulai lambat. Misal, untuk mengetik saja, keyboard telat muncul, tidak responsive. Walau pada akhirnya, custom rom yang teman saya install kemudian, juga mengalami kendala, walau bisa dibilang sedikit tidak berarti. Cuma force close di beberapa aplikasi. Dan mulai sering hank. Dan jelas itu mengganggu juga.
Kembali ke topik awal, review android N CypherOS untuk Xperia L. Setelah menginstall custom rom versi Nougat ini, perbedaannya cukup terasa apalagi di tampilan. Mengingat ponsel yang diinstall terakhir menggunakan KitKat dan langsung lompat ke versi Nougat. Perangkat lunak itu belum pernah mencicipi android Marhmallow sebelumnya.

Tampilannya bisa dibilang ‘clean’, terkesan ‘smooth’, mungkin karena efek material design yang mulai diterapkan oleh google beberapa tahun ke belakang dipasangkan juga ke perangkat android miliknya. Material design sendiri mulai diadaptasi pada perangkat android versi M (Marshmallow).
Untuk performa Xperia L menggunakan custom rom buatan Agent_fabolous ini bisa dibilang gegas. Mungkin karena teman saya juga tidak banyak menginstall aplikasi. Banyak tampilan menu dan fitur, tentunya, yang baru dan lebih memudahkan untuk kita menavigasi.

cypherOS xperia L android N

cypherOS xperia L android N

cypherOS xperia L android N

cypherOS xperia L android N

cypherOS xperia L android N


(Untuk screenshoot diatas, saya setting tampilan ke ukuran display yang terkecil, itu membuat kesan tampilan lebih elegan)

Dan untuk bug (cacat/kekurangan) pemilik thread rom ini sudah menyebutkan diantaranya adalah fungsi Camcorder yang tidak bekerja.  That’s it. Cuma itu yang ia sebutkan. Dan member lain yang sudah mencobanya menyatakan bahwa baterai yang cepat habis, dan untuk mengisinya kembali terhitung cukup lama.

Tetapi teman saya tidak terlalu mengeluh soal itu, mungkin karena baterai yang ia punya masih bagus. Hal yang terasa adalah masalah pengisian yang lama, itu dirasakan ketika di awal-awal penginstallan. Selanjutnya tidak selama itu.

baca juga: Kumpulan Rom Xperia L

Saya akan jabarkan pengalaman install custom rom AOSCP ini pada Xperia L, masalah dan pemecahannya.

  • Setelah penginstallan Rom+Gapps, google apps akan crash terus (force close all time) solusinya jangan install Rom dan Gapps secara bersamaan. Flash file zip tersebut secara bergantian. Flash Rom terlebih dahulu, reboot, lantas coba cek ini-itu dulu, lalu setelah itu baru flash gapps.
  • Saya menemui kendala ketika hendak menginstall rom kembali, yaitu menghilangnya Custom Recovery (saya menggunakan TWRP) maka terpaksa saya flash kembali TWRP (via fastboot) setiap kali mau flashing. Itu pun tampilan TWRP-nya berantakan tidak stabil. Tapi saya penasaran user lain apakah mendapatkan pengalaman sama.
  • Aplikasi pemutar musik dan browser tidak ada. Maka tinggal install aplikasi tersebut secara manual. Saya gunakan pemutar musik walkman yang tersedia di luar.
  • Browser yang saya install adalah Mozilla dan tetap force close terus. Entah, mungkin harus diganti ke browser biasa.
  • Fungsi root akan hilang. Solusinya, setelah install Rom dan Gapps (secara bergantian) lalu flash superSU versi terakhir dari Custom Recovery.
  • File Manager tidak bisa mengakses penyimpanan, gunakan storage di setting untuk mengatur file. (mungkin ini berpengaruh dari penginstallan kembali superSU)
  • Ketika menggunakan fitur kamera depan, langsung force close (crash). Lantas setelah itu aplikasi kamera tidak bisa diakses sama sekali. (belum dapat solusi ini)
  • Rom is Flawless! Tidak bisa dipungkiri.

Saya sengaja tidak menyebutkan pasti kekurangan dan kelebihannya, karena mungkin pengalaman dan penilaiannya akan berbeda. Sila berpendapat. Saya cuma bisa menyimpulkan custom rom ini, mungkin bisa saja digunakan untuk daily use (penggunaan sehari-hari), itu pun kalian harus bisa mengatasi masalah-masalah yang muncul setelah penginstallan pertama. Pasang manual aplikasi, flash kembali superSU dan coba gunakan beberapa lama, misal coba pasang lebih dari tiga hari.

Untuk teman saya sendiri saat ini ia akan beranjak ke versi android lain, mencicipi android M. Kata dia, mungkin akan install kembali android versi Nougat di Xperia L nya setelah ada yang versi yang stabil. Sila bagi pengalaman untuk pengguna Xperia L di kolom komentar. 


Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon