Pilih Mana Ponsel Tanpa Bezel atau Pakai Bezel?
Pilih Mana Ponsel Tanpa Bezel atau Pakai Bezel?

Pilih Mana Ponsel Tanpa Bezel atau Pakai Bezel?

Ponsel tanpa bezel


Bezel adalah istilah yang digunakan untuk frame layar bagian luar sebuah perangkat. Hal itu masih  menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi pengembang produk dalam mendesain sebuah perangkat maupun komponennya.

Dengan bezel tipis atau hampir tanpa bezel dalam sebuah ponsel, layarnya jelas akan terlihat lebih besar. Tampak lebih modern dan beda kelas. Dulu ada rumor bahwa iphone 5 akan menggunakan desain bezel-less, meskipun akhirnya itu cuma rumor. Lalu kemudian pada 2015 lalu, Samsung mengenalkan Galaxy S6 Edge yang hampir tanpa bezel. Tetapi diterapkan hanya untuk untuk frame kiri dan kanannya saja, bagian atas ponsel masih seperti ponsel kebanyakan. Pun S6 Edge+ dan S7 Egde.

Baca juga: Mobil Masa Depan

Sekarang, kita mulai melihat beberapa bukti bahwa desain yang hampir tanpa bezel mungkin akan menjadi salah satu hal besar di perkembangan desain ponsel. Pada akhir 2016 kemarin, Xiaomi meluncurkan Mi MIX di Cina, yang hampir menyingkirkan bezel di bagian atas, sisi kiri dan kanan seluruhnya. Hal itu mendapat respon yang sangat besar di seluruh dunia, meskipun ponsel itu sendiri tidak dijadwalkan akan dilucurkan di luar negara asalnya.

Terus, apa fungsi dari bezel dalam smartphone?

Mungkin lebih dari semua itu, adanya bezel ternyata memperkuat struktur smartphone sehingga mengurangi dampak guncangan atau benturan yang tidak disengaja. Jika tampilan yang diperpanjang sampai ke sisi handset, permukaan kaca yang berada di ujuang akan jauh lebih rentan. Adanya bezel juga untuk mempermudah penggunaan touchscreen. Kalau tidak percaya coba genggam smartphone pakai satu tangan di posisi yang nyaman, terus coba sentuh bagian layar yang paling jauh dari jempol. Lebih besar kemungkinan layar tidak sengaja tersentuh kalau tidak ada bezel.
ponsel tanpa bezel

Terus, secara teori, bezel membuat layar terlihat lebih nyaman dipandang. Seperti foto, lebih enak dipandang kalau memakai frame. Frame berfungsi sebagai pembatas foto dengan background di belakang. Sekali lagi itu secara teori.

Memang bezel-less itu sesuatu yang maju dan modern bahkanbisa disebut keren dalam segi desain untuk smartphone. Tetapi malah bisa jadi sesuatu yang tidak terlalu baik karena alasan di atas. Sebenarnya pabrikan bisa saja membuat smartphone berbezel tipis, dan memang sudah ada. Biasanya pabrikan menambahkan program tertentu sehingga meminimalisasi kesalahan sentuhan yang tidak disengaja, dan sebagainya.
ponsel tanpa bezel Jadi, mungkin pertanyaannya kita sendiri akan memilih desain yang mana, antara bezel dan bezel-less?

(sumber:technopediaphonearena)

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon