Solusi Tidak Bisa Membuka Playstore.
Solusi Tidak Bisa Membuka Playstore.

Solusi Tidak Bisa Membuka Playstore.

Cara mengatasi playstore yang tidak bisa dibuka

Solusi Tidak Bisa Membuka Playstore
Pengguna ponsel android mungkin pernah mengalami masalah ini: “unfortunately, google play store has stopped”, atau “check your connection and try again”, padahal kita baru saja isi paket internet. Hal itu sering ditemui dan bisa terjadi kapan saja tanpa kita tahu alasan jelasnya. Atau pernah ketika kita tidak sedang menggunakan ponsel, lalu saat ponsel dinyalakan playstore tiba-tiba ngadat. Herman.

Penyebab playstore tidak bisa dibuka, atau mendadak berhenti, bisa bermacam-macam. Dan keterangan errornya juga bervariasi. Berikut kita akan coba mengatasinya.

#1. Cara pertama untuk  mengatasi playstore tidak bisa dibuka adalah bersihkan cache. Itu cara yang paling sederhana walau kadang belum tentu berhasil. Tetapi baiknya gunakan metode itu terlebih dahulu. Masuk ke pengaturan > apps (aplikasi) > gulir tab ke semua aplikasi cari app googel playstore. Setelah terbuka klik “paksa berhenti” atau “force stop” baru kemudian “clear cache”
Solusi Tidak Bisa Membuka Playstore

#2. Coba update playstore ke versi terakhir. Caranya cari mentahan apk di google. Atau bisa langsung mengunjungi situs semacam apk mirror. Lalu download playstore versi terbaru dari sana. Untuk pake metode ini, jangan lupa centang unknown source di pengaturan agar bisa menginstall aplikasi dari selain playstore.

Baca Juga Game Horror Android Terbaik

#3. Kalau ponsel kita sudah dalam keadaan root dan pernah menginstal aplikasi “Freedom”. Kita tahu aplikasi Freedom untuk menghack aplikasi berbayar, banyak pengguna android yang sudah di-root menginstall aplikasi ini juga.  Mengatasinya tidak cukup meng-unistall aplikasi ini. Yang perlu kalian lakukan adalah klik stop dulu “stop” sebelum menghapus aplikasi freedom. Bagi kalian yang sudah terlanjur menghapus tapi belum sempat mengklik “stop” bisa diakali dengan menginstall kembali aplikasi tersebut : Install Freedom dan buka aplikasinya > Klik Menu -> lalu klik Stop -> Uninstall app freedom -> Restart ponsel.

#4. Dari data yang korup. Biasanya terjadi untuk yang menginstall custom rom dan gapps-nya korup.  Maka coba download lagi gapps untuk mengatasi ini. PIlih gapps yang paing kecil, misal pico.

Baca Juga: 4 Cara root sekali klik tanpa PC

#5. Untuk notif “Check your connection and try again” bisa saja dari setingan waktu dan tanggal pada android kalian. Untuk merubah setingan waktu: Pengaturan > Tanggal & Jam > hilangkan centang pada opsi Tanggal dan waktu otomatis (Automatic date & time) > Ubah waktu ke tanggal yang berbeda duu, bisa ke tanggal kemarin atau besok > Buka aplikasi play store -> kembali ke setingan tanggal dan jam  > Lalu klik mode otomatis ( ceklis Automatic date & time)

#6. Sever Error. Hal ini biasanya hanya sementara jadi tunggu saja. Kalau kelamaan kita bisa coba dengan restart ponsel.

#7. Authentication is required. You need to sign into your google accout. Coba dengan clear data pada aplikasi playstore caranya masuk ke pengaturan > apps (aplikasi) > gulir tab ke semua aplikasi, cari app googel playstore. Setelah terbuka klik “hapus data” atau “clear data”.

#8. Jika belum fix, maka coba solusi terakhir: Factory reset, kembali pengaturan ke setelan pabrik. Bisa lewat pengaturan ponsel atau via recovery.

Atau

#9. Install Custom Rom x)

Atau

#10. Cari pacar baru.


Well, itu beberapa solusi versi droids id untuk mengatasi playstore tidak bisa dibuka.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon