2 Cara Menyembunyikan Foto dan Video pada Android
2 Cara Menyembunyikan Foto dan Video pada Android

2 Cara Menyembunyikan Foto dan Video pada Android

2 Car menyembunyikan foto dan video di android dengan mudah

Droids Id-Cara menyembunyikan foto dan video pada android. Tentu kita tahu sekarang ponsel bukan hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga sebagai piranti multimedia yang kita gunakan untuk menyimpan segala hal, sudah termasuk foto dan video.

Lantas fitur itu didukung oleh besarnya media penyimpanan yang terdapat pada ponsel. Baik itu sebagai penyimpanan internal, yang ukurannya pun sampai bergiga-bergiga. Belum lagi didukung oleh penyimpanan eksternal yang juga bisa sampai puluhan bahkan ratusan giga. Oh, jangan lupa dengan fitur USB On The Go (OTG). Yah kita sudah cukup dapat gambaran berapa kapasitas ponsel jaman sekarang.
Baca Juga: 8 Aplikasi Perekam Layar Android
Sedikit menyinggung tentang penyimpanan yang besar itu, tidak mengherankan juga kalau memang kita memerlukan memory yang lega. Karena seiring dengan ponsel yang semakin canggih, misal di bagian kamera, sekali mengambil foto, ukurannya tidak dihitung dengan kilobyte (kb) lagi, tetapi Mb. Satu foto saja ukurannya bisa sampai 4Mb.

Dari itu banyak juga file yang kita simpan di sana. Itu seperti komputer kedua, yang hampir semua jenis file ada. Sebut saja mentahan aplikasi yang kita simpan, dokumen berbentuk file word, atau epub, selain foto dan video tadi.

Tetapi balik lagi ke fokus utama kita, yaitu bagaimana cara menyembunyikan foto dan video pada android agar tidak muncul di Album atau Gallery. Terlepas dari berbagai macam alasan untuk melakukan itu, dari hal kecilnya, sebut saja itu sebagai penjagaan privasi. Kita tidak mau foto atau pun video milik kita terakses oleh orang lain. Itu juga terlepas dari foto dan video macam apa yang kita sembunyikan.
Baca Juga: Game Horror Paling Menyeramkan
Ada 2 cara untuk menyembunyikan foto dan video di android agar tidak muncul. Pertama tanpa aplikasi apapun, dan kedua dengan menggunakan aplikasi. Cara pertama mungkin efektif, karena kita tidak perlu menambah aplikasi pada android kita yang akibatnya bikin sesak. Apalagi yang penyimpanan internal, atau RAM-nya kecil.

Cara menyembunyikan foto dan video tanpa aplikasi

  1. Buka file manager kemudian cari folder yang kita gunakan untuk menyimpan file media (foto dan video) yang mau kita sembunyikan. 
  2. Buat file baru di dalamnya dengan nama .nomedia 
  3. Selesai 
Cara menyembunyikan video di android

Catatan: Selain foto dan video, kita bisa menyembunyikan file audio dengan menggunakan metode ini. Untuk sebagian file manager bawaan, mungkin kita tidak bisa membuat file baru seperti di atas. Untuk itu kita bisa menggunakan file explorer lain yang bisa kita dapatkan dari google play, misal Es Explorer.Cara ini membuat system aplikasi gallery / pemutar musik tidak melakukan scanning pada isi folder tersebut.  Bila file masih terlihat, coba restart ponsel.

Untuk selanjutnya kita tinggal memindahkan mana saja gambar / video yang mau kita hide ke dalam folder yang sudah kita sisipkan file .nomedia tadi, sehingga file tersebut aman dari penglihatan orang lain.

Lalu metode kedua:

Cara menyembunyikan foto dan video memakai aplikasi

  1. Download dan installaplikasi gallery vault dari google play
  2. Lalu ikuti langkah yang ada di aplikasi tersebut.
  3. Selesai

Cara menyembunyikan video di android

Cara menyembunyikan video di android

Aplikasi ini seperti kebanyakan aplikasi penyembunyi file gambar atau video, yakni menggunakan password, atau pin. Sebenarnya banyak juga aplikasi lain di google play yang bisa kita gunakan untuk menyembunyikan foto/video. Jadi sila bereksplorasi.

Namun dengan menggunakan aplikasi semacam ini, kita ketahuan menyembunyikan file oleh orang lain. Beda dengan cara pertama. Well, apapun metodenya, tapi itulah 2 cara menyembunyikan video dan foto di android. Semoga berhasil.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon