[Pengalaman] Cara Mengatasi Bootloops Oppo R827 dengan Flash Ulang
[Pengalaman] Cara Mengatasi Bootloops Oppo R827 dengan Flash Ulang

[Pengalaman] Cara Mengatasi Bootloops Oppo R827 dengan Flash Ulang

Cara Flash ulang Oppo R827


Ini adalah pengalaman saya flash Oppo R827 untuk mengatasi bootloops.  Kemarin sore, iya persis kemarin, teman saya datang (masih teman yang itu, dia memang dikenal sebagai tukang reparasi ponsel di wilayah saya selain sebagai playboy cap kapak) membawa ponsel oppo r827.

Keadaan ponselnya bootloops, dan masih bisa masuk recovery. Untuk sebagian ponsel, cara mengatasi bootloops (keadaan hp tidak bisa masuk beranda hanya muter saja di logo) cukup dengan wipe data pada recovery. Atau restore system kalau sempat dibackup terlebih dahulu. dan itu pun tergantung penyebabnya juga sih. Tapi metode ini tidak berhasil, dan memang saya banyak mendengar penyakit Oppo Smartphone adalah seringnya ponsel ini mengalami bootloops.

Waktu itu saya langsung mengiyakannya saja ketika dia meminta untuk memulihkannya kembali, tanpa ba-bi-bu. Saya pun termasuk baru memegang ponsel jenis ini, baru tahu penampakannya. Oppo R827 dengan bentang layar 4,5 inch, bodinya tipis dan handy saat digenggam. Setelah menyala baru tahu juga bahwa perangkat ini ditenagai processor Quadcore 1,3GHz, dengan ram 1Gb. Oppo menamakan system operasinya dengan Color OS (based on android) untuk r827 ini masih memakai android versi 4.2.2 Jelly Bean.

Saya tentu mengandalkan Mbah Google, bukan Mbah Zahro atau Mbah Kakung untuk mencari tahu langkah-langkahnya. Saya buka beberapa artikel blog, membandingkan isi tutorial dan melihat komentar-komentar di bawahnya, itu pun kalau ada komentar yang nyangkut. Ada beberapa yang saya perhatikan, dan salah satunya katanya sampai empat kali download software untuk mengatasi bootloops pada oppo r827 tersebut.

Saya sedikit bimbang juga dan langsung membayangkan berapa giga data dan paket internet yang harus saya keluarkan untuk mengunduh software-software tersebut. Rata-rata ukuran file-nya di atas 500Mb, bahkan ada yang sampai 1Gb.

Ada beberapa metode juga yang saya baca untuk flash ulang ponsel ini, yakni menggunakan PC atau tanpa PC. Kita tahu kalau tanpa PC, logikanya adalah cukup dengan menyimpan file mentahan romnya di sdcard lalu flash via recovery atau sdimage (istilahnya saya kurang paham, itu untuk pengguna andromax).

Tetapi ketika saya lihat, metode itu menggunakan Color Recovery v1.2 (kalau nggak salah) dan ada tulisan rooted. Beda keadaannya dengan recovery ponsel yang saya sedang genggam. Yasudah saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan metode PC. Baiklah untuk flash oppo r827, sebelumnya download dulu file-file berikut ini:

Tutorial flash Oppo R827:

  1. Pastikan baterai ponsel kamu di atas 50%
  2. Install semua driver yang sudah didownload pada komputer
  3. Ekstrak Rom yang berformat rar
  4. Buka SP Flash Tool (flash_tool.exe)
  5. Klik Scatter-loading dan pilih scatter dari ROM yang sudah kita download dan ekstrak tadi. (Di sini ada 2 scatter, saya menggunakan yang 4G)
  6. Setelah semuanya terload, centang semua file kecuali PRELOADER. Centang file ini kalau nanti gagal.
    flash ulang oppo r827
  7. Klik Download
  8. Sambungkan oppo r827 (Ponsel dalam keadaan mati) sambil menekan volume atas
  9. Bila ponsel terdeteksi, bar di bawah pada flash tool akan berwarna kuning. 
  10. Kita tunggu prosesnya sampai ada tulisan OK.
    flash ulang oppo r827
  11. Done
Note: Untuk booting pertama lumayan akan lama.
Proses flash ulangnya sebentar, tidak sampai lima menit. Yang paling lama adalah mengunduh file-filenya. Untuk sebagian driver untungnya saya sudah punya. Saya harus pergi ke rumah temen, minta quota wifi pas sore itu, padahal ukurannya cuma sekitar 700Mb, tapi dari setelah Isya kelar-kelar hampir tengah malam. Lelet jaringan internetnya.

Well, sekian pengalaman saya mengatasi bootloops pada Oppo R827 dengan flash ulang. Semoga membantu :)

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon