Beberapa Aturan untuk Memiliki Senjata Api di Indonesia
Beberapa Aturan untuk Memiliki Senjata Api di Indonesia

Beberapa Aturan untuk Memiliki Senjata Api di Indonesia

Memiliki senjata api ternyata tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Tentu saja itu demi mencegah hal-hal yang membahayakan atau tidak diinginkan. Makanya aturanya pun lumayan ketat.

Mungkin sebagian tahu, tentang aturan itu berbeda dengan di negara Amerika yang penduduknya diijinkan untuk membeli senjata apa pun, termasuk Pelontar Api (Flamethrower) yang sangat berbahaya itu. Di Indonesia ? Boro-boro, jangankan senjata api, airsoft gun pun membutuhkan perijinan yang tidak gampang.

Dan baiklah, ini beberapa aturan untuk memiliki senjata api di Indonesia
    [ads-post]
  • Senjata yang digunakan adalah senjata resmi
Kita tidak boleh menggunakan senjata yang illegal, karena Pemerintah Indonesia tidak memperbolehkan adanya senjata ilegal beredar di masyarakat. Senjata –senjata tersebut juga harus dibeli harus memiliki kelengkapan surat. Bila tidak diketemukan kelengkapan surat maka akan ada denda pidana seperti yang telah diterangkan dalam Undang-undang.
  • Pengguna senjata api adalah orang yang terlatih
Senjata api tidak sembarangan orang yang boleh menggunakannya dan harus memiliki izin khusus. Selain pihak militer dan polisi, hanya beberapa yang boleh menggunakan senjata api di Negara ini. Seseorang harus memiliki surat izin yang resmi untuk dapat menggunakannya. Selain itu, orang tersebut juga harus ikut menjadi anggota dan lulus ujian menembak persatuan menembak Indonesia. Untuk dapat menggunakan senjata api juga harus melengkapi dokumen-dokumen seperti fotocopy KTP, KK dan persyaratan penting lainnya. Dari segi mental, orang tersebut harus melewati persyaratan khusus seperti tidak mudah gugup, bukan penakut dan lain-lain.
  • Airsoftgun atau senapan angin pun ada hukumnya
Airsoftgun juga merupakan senjata, oleh karena itu diberlakukan beberapa hukum khusus. Airsoftgun yang masuk dalam kategori berbahaya harus juga memiliki izin. Dalam penyalahgunaannya, akan diberlakukan hukum pidana senjata api, mengingat potensi bahaya yang ditimbulkan oleh beberapa airsoftgun sama dengan senjata api.
  • Tidak boleh dibawa ke mana-mana
Jelas sekali, selain pihak berwajib, sangat dilarang membawa senjata api kecuali untuk keperluan olah raga ataupun keperluan khusus. Itupun harus sudah memiliki izin sebelumnya. Karena siapa pun yang ribet ketahuan membawa senjata api tanpa izin, akan dikenakan hukuman pidana kepadanya. Bahkan untuk pihak militer maupun polisi pun, harus ada izin dari atasan dalam penggunaannya.
  • Hanya digunakan dalam keadaan mendesak
Semua sudah dijelaskan dalam Undang-undang Darurat no. 12 bahwa hanya dalam keadaan benar-benar terdesaklah senjata api boleh digunakan. Itupun sebelumnya juga harus mempunyai izin khusus dan surat kepemilikan senjata. Bila tidak memiliki izin khusus maka akan dikenakan pidana penyalahgunaan senjata api.

Jadi memang sangat ribet untuk memiliki senjata api di Indonesia. Ini demi menghindari keadaan yang tidak kita inginkan.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon