Cara Gampang Menjadikan Android Sebagai Gamepad / Joystick.
Cara Gampang Menjadikan Android Sebagai Gamepad / Joystick.

Cara Gampang Menjadikan Android Sebagai Gamepad / Joystick.

Cara Gampang Menjadikan Android Sebagai Gamepad / Joystick.


Ponsel Android perkembangannya sangat cepat dan semakin mutakhir. Dikatakan bisa apa saja, kalau tidak bisa dijadiin alat cukur jenggot, setidaknya kamu bisa jadiin ponsel android kamu sebagai game pad atau joystick. Tentu, itu artinya kegunaannya bisa merangkap sebagai remote pc, tidak hanya sebagai game stick saja. Kamu bisa mengatur aktifitas di layar, menjadikannya mouse, dijadiin keyboard, alat pengatur presentasi dan lain-lain, dari hack level ecek-ecek sampai yang tingkat dewa.

Misal, Bre, anak muda yang habis download game psp yang niatnya dimainin di ponselnya tapi ponselnya nggak terlalu mumpuni untuk mainin Prince of Persia atau bahkan God of War. Lantas dia gunakan emulator lainnya untuk laptopnya. Ternyata game bisa dimainin dan tidak lag. Sampai akhirnya dia butuh joystick untuk digunakan.
Baca Juga: 5 Aplikasi Keren untuk ponsel yang belum di-root
Bre lumayan pinter dengan mikir dan yakin bahwa ponsel android (yang meskipun udah pake custom rom versi android N tapi masih lag dalam bermain game) bisa digunakan untuk joystick, gamepad, stick game, atau apapun istilahnya itu. Dan Bre baik hati serta ingin berbagi ilmunya dengan kamu.

Cara mudah menjadikan android sebagai joystick / game pad:

  1. Kunjungi halaman web ini http://www.monect.com/pc-remote/ 
  2. Di sana, kamu download Monect PC-Remote untuk android (versi apk) dan receivernya (untuk diinstalkan di komputer)
  3. Instal kedua aplikasinya, di android dan di komputer
  4. Nyalakan hotspot di ponsel dan samakan jaringannya dengan komputer. Istilahnya hubungkan komputer dengan hotspot kamu. 
  5. Buka aplikasi monect di ponsel, klik PC-Remote (kita bisa gunakan bluetooth dan wi-fi, kita pilih saja wi-fi untuk menghubungkan), 
  6. Pada metode wifi pun Akan ada 2 pilihan untuk penjalinan hubungan, yakni lewat scan barcode atau dengan menginput ip address.
  7. Beralih ke komputer, setelah aplikasi receivernya dibuka, pilih menu QR-Barcode bila kamu ingin menghubungkannya dengan scan barcode, jelas itu lebih simple. Kalau metode itu tidak berhasil karena kadang kamera pemindai kamu ngadat, kamu bisa menghubungkannya dengan menuliskan ip addressnya. Dan number ip adressnya bisa dilihat di apliakasi recever. 
  8. Done.
FAQ:
Bro: Itu pake wi-fi, lantas kesedot nggak, paket internet gue?
Bre: No. Itu pake server lokal, host-nya bla bla bla. Tau kan aplikasi Share it (ShareIt) yang buat kirim apa pun yang mau lu kirim, nah metodenya kek gitu aja. Begonoh.

Gampang, kan. Tentu saja aplikasi ini tidak melulu hanya game pad atau joystick, kamu bisa lihat menu di bawah dan opsi di bagian atasnya. Di menu touchpad kamu bisa mengetik dengan klik gambar panel keyboard di kanan atas.

Lihat varian Joystick yang ingin kamu gunakan di menu “Layout” dan ada pilihan untuk menggunakan layar landscape atau Potrait. Tentu lebih enak pakai menu landscape, lebih lega. Lihat gambar paling atas, iku lho penampakan joystick regularnya.

Di menu Utility tool, ada Remote Desktop, Projector, Data Cable, This PC, dan PowerPoint Control. Kamu bisa cobain satu-satu. Misalnya saja Remote Desktop, fitur itu, istilahnya, mengkloning layar pc ke ponsel android kamu. Bisa ngontrol jarak jauh berarti.

Well, itulah cara menjadikan android sebagai game pad, joystick, game stick, atau apa pun itu. Akhir kata, sekali lagi android memang canggih meski tidak bisa dipakai cukur jenggot.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon