Cara Mengatasi Gambar (Post Thumbnail) Buram di Homepage
Cara Mengatasi Gambar (Post Thumbnail) Buram di Homepage

Cara Mengatasi Gambar (Post Thumbnail) Buram di Homepage

Gambar adalah sesuatu yang sangat vital untuk menarik kesan pertama orang yang melihat. Misal saja dalam sebuah kaver buku dalam jajaran rak di gramedia. Kesan pertama yang akan mereka rasakan adalah dari ilustrasi gambar di depannya. Begitu pun dalam bloh, dengan gambar yang menarik akan bisa mempengaruhi minat pengunjung untuk membaca isinya. Walau pun kadang isinya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Dalam masalah itu kemarin-kemarin saya menerapkan tema baru untuk blog saya, ketika pertama menerapkan temanya, semuanya normal saja rasanya. Tetapi ketika saya mulai posting post yang ke 3, saya dapati gambit thumbnail post di beranda jadi buram, sedangkan thumbnail di popular post malah tajam dan lebih menarik. Saya gugling, beberapa kali coba metode dari beberapa blog juga. Hasilnya nihil. Saya sampai pada suatu kesimpulan, saya akan mengganti templatenya saja.
Mengatasi Gambar Buram pada postingan di homepage

Tetapi ketika saya coba mengganti keyword di mesin pencari dengan harapan yang tersisa (asikkk hihi) akhirnya saya menemukan script ini. Setelah saya coba terapkan pertamanya tampilan thumbnail tidak berubah, lalu dengan cepat saya kembali ke tab pencarian dan klik sumber lain. Ketemu kode lain saya coba terapkan. Tetapi waktu itu saya tidak sengaja klik tab blog saya dan mendapati tampilan gambar thumbnail-nya tidak buram / pecah lagi.

Saya buru-buru pencet CTRL+Z di laman tema pada dashboard blog. Hihi untung kepencet.

Dan baru pada esok harinya saya tahu dari admin Kompi Ajaib dan Arlinadzgn bahwa memang itu gangguan dari google nya, dan untuk mengatasinya cukup gampang. kalian tinggal cari kode s72-c lalu ganti dengan kode s72-c-k-no

Saya coba metode itu, lantas berhasil tetapi ketika saya cek di laptop (saya menggunakan netbuk) gambar thumbnail di postingan pada homepage masih buram, Lalu saya ganti lagi dengan kode sebelumnya. Entah saya masih nggak ngerti dengan kode html, maka saya paste semua kode itu. Dan tampilan thumbnail di homepage pada laptop yang layarnya lebih besar kembali jelas. 

Oke, cukup curhatnya.

Ini cara mengatasi gambar postingan buram/pecah

1. Masuk ke blogger dashboard lalu pilih tema
2. Tempelkan kode ini di atas </body> atau </head> (menurut sumber, kalau saya berhasilnya ketika diterapkan di atas </body>
<script>
//<![CDATA[
function resizeThumb(parentID, size) {
    var parent = document.getElementById(parentID),
        image = parent.getElementsByTagName('img');
    for (var i = 0; i < image.length; i++) {
        image[i].src = image[i].src.replace(/\/s72\-c/, "/s" +

size + "-c");
        image[i].width = size;
        image[i].height = size;
    }
} resizeThumb('Blog1', 300);
//]]>
    </script>

3. Save
4. Dono, bos.

Saya berkali-kali memencet tombol save, untuk memastikan kode yang saya terapkan memang nempel di kode html-nya.
Well, itulah cara mengatasi gambar postingan yang buram.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon