Download Gapps Nougat 7.1 Dynamic Gapps
Download Gapps Nougat 7.1 Dynamic Gapps

Download Gapps Nougat 7.1 Dynamic Gapps

Download Gapps 7.1 Nougat (Dynamic Gapps) untuk semua perangkat android.

Gapps, apa  itu gapps? Untuk yang sering menginstal custom rom pasti sering dengar istilah ini. Untuk yang masih newbie pasti pernah bertanya, apa arti gapps. Kenapa juga harus diinstalll tiap kali ganti custom rom.

Gapps adalah singkatan dari Google Applications, yang biasanya berbentuk zip (package) dan di dalamnya terdapat aplikasi-aplikasi buatan Google. Juga terdapat file lib, core sync apk, dan lain-lain untuk menghubungkan / sinkronisasi semua aplikasi besutan Google satu sama lain. Seperti Playstore, Email, data kontak, mesin penelusuran serta layanan-layanan lainnya yang terintegrasi dengan perangkat dan aplikasi android lainnya.

Dan berbeda dengan Custom Rom, Gapps ini diperuntukan untuk semua merk android. Yang harus kita perhatikan adalah jenis / versi androidnya. Misalnya, kita bisa menginstall Gapps JB Xperia untuk Xiaomi yang memakai rom Jelly Bean juga, asal versi androidnya sama.

Sebenarnya kita bisa saja menginstall Custom Rom tanpa Gapps. Toh ponsel masih bisa digunakan. Kita masih bisa smsan, chating dengan menggunakan apps sosmed seperti biasa, fb an, terhubung internet dan lainnya. Pun sudah diketahui umum, bahwa kita bisa mendownload aplikasi android selain dari Google Play.

Lantas untuk apa Gapps kalau begitu? Toh teman saya juga ada yang tidak mempunyai aplikasi Google Play Store dan di dalamnya tidak terdapat Layanan Google yang banyak memakan data dan ruang tersebut. Tentu saja lebih karena ponsel teman saya memiliki spesifikasi yang low-end. Dengan Ram dan kapasitas penyimpanan yang terbatas. Sehingga tidak bisa disesaki aplikasi banyak-banyak. Apalagi aplikasi sekarang ukurannya besar-besar. Jadi dia adem saja dengan ponsel android yang hanya bisa telepon, membuat status di Facebook, bercengkerama di BBM, Whatsapp dan Line, tanpa harus menginstal aplikasi Email, Maps, Playstore dan lain-lain. Well, tentu saja itu tergantung kebutuhan.

Tetapi dengan penginstalan Gapps,anggap saja kita akan benar-benar ‘terhubung’. Karena semua aplikasi tersinkronisasi dan integrated satu sama lain. Kontak dengan kalender, email, dan lain-lain.
Untuk optimasinya, maka Google merilis varian berbeda untuk setiap aplikasi berdasarkan perbedaan prosessor tiap ponsel juga . Seperti aplikasi Google Play Store memiliki versi berbeda untuk penginstalan di ponsel dengan manufaktur  ARM, ARM64 dan x86. Kebanyakan aplikasi lain yang dirilis Google juga memiliki perbedaan varian.

Untuk Custom Rom yang tidak disertai aplikasi-aplikasi Google, kita harus mendownload dan menginstalnya dengan flash file Gapps yang berbentu zip melalui Custom Recovery. Baik itu CWM, TWRP atau recovery kustom lainnya. Tetapi sesuaikan dengan jenis prosesor yang tertanam pada android kita. Apakah ARM atau ARM64 dan lainnya.

Dari hal itu kadang membuat kita bingung, mana sebenarnya Gapps yang harus kita install. Takut salah milih lalu menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan atau sayang quota sudah mendownload yang biasanya filenya juga berukuran lebih dari 100Mb.

Untuk itu, sebagai opsi, maka kita bisa menginstal package yang namanya Dynamic Gapps. File Gapps tersebut kompatibel dengan jenis prosesor apapun. Baik ARM atau pun ARM64 dan x86. Kamu tidak perlu pusing lagi. Untuk bentuk file dan cara penginstallanya sama dengan Gapps yang lain, yakni zip dan-flash via Custom Recovery. Untuk itu, kita bisa mengucapkan terima kasih kepada BeansTown106 dan Surger1223 yang pertamanya dideveloperi oleh Banks.

Dan di bawah ini adalah detail tentang Dynamic Gapps Mini dan Full

Mini Dynamic Gapps

  • Core Google syncing APKs (Google Play Services, SetupWizard, Google Play Store)
  • Core Google libs (Facelock, TTS)
  • Google App
  • Legacy support for swyping on AOSP LatinIME Keyboard

Full Dynamic Gapps

  • Everything in Mini
  • Google Messenger
  • Google Talkback
  • Google Hangouts
  • Google Clock
  • Google Calendar
  • Google Photos
  • Google Camera
  • Google Chrome

Cara Instal Gapps
  1. Download Gapps dan simpan di sdcard
  2. Matikan ponsel dan masuk recovery mode (Custom Recovery) 
  3. Lalu klik Install/Flash Gapps yang berbentuk .zip yang tadi kita simpan
  4. Wipe dalvik cache (opsi)
  5. Reboot

Oke, sekian postingan saya mengenal Dynamic Gapps. Semoga berguna.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon