Xiaomi Redmi 2 Dimodif Pakai Cusrom AOKP Marshmallow
Xiaomi Redmi 2 Dimodif Pakai Cusrom AOKP Marshmallow

Xiaomi Redmi 2 Dimodif Pakai Cusrom AOKP Marshmallow

Modifikasi / Upgrade Redmi 2 ke Android Marshmallow / Nougat

Redmi 2 Modif – Oke, kita tahu android bisa dioprek sebebasnya, dari tampilan maupun jeroannya. Dari modif tampilan yang versi biasa saja misal menggunakan launcher lain dari google play atau icon pack sampai modifikasi pakai Xposed, tweak, dan ganti custom rom (untuk yang sudah di-root dan dipasangi CWM/TWRP).

Di sini, saya cuma modifikasi tingkat biasa kali ya, karena cuma ganti rom, dan ganti aplikasi bawaan. Juga rencananya nanti mau tanam tweak via build.prop.
Baca: Kumpulan Tweak Android
Pertama, saya tingkatin versi androidnya terlebih dahulu. Redmi 2 yang saya pegang dahulunya memakai android versi Kitkat dengan MIUI 6 kalo nggak salah. Lupa karena hape boleh ngasih dan beberapa jam kemudian langsung diupgrade OS-nya. Dan sekarang saya pakai android Marshmallow 6.0.1 dari AOKP untuk penggunaan sehari-hari.
Baca: Cara Root Redmi 2 tanpa PC 
Oiya, sebelumnya saya pakai HTC DESIRE HD (ACE) namun udah ampir sekarat. Batre bunting, layar bintikan hitam, dan yang lebih parahnya konektor usb nggak bisa berfungsi cuma bisa pakai chas doang. Si Ace akhirnya terjebak di Android versi ICS 4.0.4. Kita tahu udah banyak aplikasi yang tidak support lagi dengan versi android ics.

LAntas kenapa redmi 2 saya menggunakan marshmallow bukannya sekalian pakai android Nougat (N 7.x). Sebenarnya, saya pernah sampai beberapa kali ganti rom redmi 2 menggunakan android N. Antara lain pakai Tesla sama lupa satu lagi. Lantas saya ganti lagi karena bug-nya antara lain adalah suka freezing (layar mati dan nggak bisa dibangunin lagi dengan memencet tombol power meski baterai penuh, padahak indikator led-nya menyala) entah di hp saya saja atau gimana, tapi saya pernah baca komen di forum xda, ada juga yang ngalamin, dan belum ketahuan solusinya.

Tapi ternyata di beberapa cusrom marsmallow untuk redmi 2 juga saya mengalami hal itu, ponsel saya mati dan harus cabut batere untuk kembali menyala. Sampai akhirnya di rom ke 5 saya menginstall AOKP marshmallow.
Baca Kumpulan Custom Rom Redmi 2
Semuanya lancer dan bisa dibilang tanpa bug. Tampilannya smooth, gegas, dengan kinerja yang oke.
Tidak banyak sii yang ubah pada redmi 2 ini. Intinya cuma ganti launcher pakai Nova launcher, ganti keyboard bawaan, hapus beberapa aplikasi yang tidak saya butuhkan di sistem lalu menanamkan viper4android audio mod. Karena aplikasi itu nggak bisa langsung diinstall begitu saja, kan.

Yang paling kerasa perubahannya adalah mengubah dpi layar ke yg terkecil (hal ini wajib saya lakukan ke setiap ponsel android yang saya pegang setelah di-root). Redmi 2 pasnya diseting DPI-nya ke 200 (menurut saya) jadi tampilan layar keseluruhan tampak elegan. Pernah coba setting ke 160-180, tapi ya tampilan layar keseluruhan menjadi terlalu kecil.

Ini penampakan redmi 2 memakai rom AOKP Marshmallow:

upgrade redmi 2 ke marhmallow
upgrade redmi 2 ke marhmallow
upgrade redmi 2 ke marhmallow
upgrade redmi 2 ke marhmallow
Aplikasi saya tergolong sedikit karena saya tidak menginstal banyak medsos. Tidak lagi main game (belum ada yang sreg lagi, dan sedang malas download game HD). Untuk BBM saya instal BBM Mod karya Delta Labs versi 3 dikarenakan saya hanya menggunakan paket Axis KZL dan di BBM biasa (update) tidak bisa terkoneksi, BBM terus menyambungkan, Untuk penyeleseiannya bisa lihat di postingan: Mengatasi BBM connecting terus

Dan iya, saya baru tahu, aplikasi titanium backup tidak bisa berjalan segimana mestinya di android Marshmallow meski saya sudah update ke TB terbaru juga. Saya coba hapus aplikasi sistem pun kadang tidak bisa, apalagi push/memindahkan aplikasi user ke sistem. Restore app + data pun rasanya mustahil. Processing terus. Justru aplikasi yang saya coba pindahkan malah hilang.

Untuk itu saya gunakan saja app sistem remover. Denger-denger sii ada metode pemindahan aplikasi ke sistem ini di blog sebelah, prosesinya sama dengan yang sudah saya bahasa sebelumnya di 3 cara memindahkan aplikasi ke system, udah saya baca dan belum coba dan masih malas juga. Ntar tak posting kalau udah berhasil.

Well, itulah sedikit modifikasi redmi 2 versi droids.id :)
Baca Juga; Upgrade Redmi 2 ke Android Nougat 7.1.1

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon