Cara Flash Firmware Samsung dengan Odin
Cara Flash Firmware Samsung dengan Odin

Cara Flash Firmware Samsung dengan Odin

Cara Flash Firmware Samsung dengan Odin

Ada bermacam jenis tool untuk mem-flashing perangkat android maupun non android. Bisa dikategorikan dengan jenis prosessornya atau dari merk ponsel tersebut. Dari lini Android, misal, untuk perangkat Sony kita kenal dengan Flashtool buatan Androxyde, ada pun SPFlashtool untuk flashing device android dengan prosessor mediatek. Dan kita punya tool yang namanya Odin untuk flash kebanyakan ponsel bermerk Samsung khususnya yang sudah berbasis OS Android.

Fungsi dari flash handphone atau bisa juga disebut install ulang ponsel karena kita menanamkan atau menginstall kembali software bawaan ponsel (kecuali flash custom rom)  bisa dikatakan sebagai salah satu solusi lainnya untuk mengatasi kerusakan-kerusakan kecil yang disebabkan oleh atau masih dalam lingkup kerusakan software bukan masalah hardware-nya. Misal bootloops, app crash, atau yang sering ditemui selain bootloops adalah adanya aplikasi yang selalu FC (force close) dengan notifikasi atau pop up yang selalu muncul yakni: ”sayangnya system ui telah berhenti” dan lain-lain. Itu untuk contohnya.

Dan kali ini droids.id akan memberikan tutorial, step by step bagaimana cara flash ponsel Samsung menggunakan Odin.

Cara Flash Samsung menggunakan Odin

Persiapan:
  1. PC atau laptop.
  2. Kabel data. Kalian bisa gunakan kabel data sembarang dalam artian tidak perlu kabel data bawaan ponsel, asal kabel data tersebut kompatibel dan masih bisa menghubungkan perangkat kalian, yakni ponsel, dengan komputer. Bila perangkat android belum terdeteksi, coba cek apakah kalian sudah berhasil menginstall driver yang diperlukan pada komputer.
  3. Driver Samsung, kalian harus menginstal driver untuk menghubungkan perangkat Samsung ke komputer. Kecuali kalian pernah menginstallnya, kalian bisa lewati langkah ini. Tidak perlu menginstall driver setiap kali melakukan proses flashing. Kecuali untuk perangkat dan tool yang berbeda.
  4. Download Odin. Pastikan download Odin versi terakhir, meskipun kadang tool ini selalu disertakan pada setiap paket firmware, dalam artian setiap kali kita download firmware yang biasanya berbentuk zip, kadang di dalamnya terdapat driver, tool odin, dan lain-lain. Kalian tidak perlu itu, kalau sudah punya tool odin, dan drivernya sudah terpasang cukup gunakan saja firmwarenya.
  5. File Firmware atau stock rom. Ini adalah file yang akan kita gunakan untuk penginstallannya. Ukurannya biasanya besar sampai ada yang satu giga. Jenis filenya adalah .md5 misalnya: S7270XXUANI1_S7270OLBANI2_S7270XXUANI1_HOME.tar.md5. Pastikan firmware yang kalian download adalah file yang cocok untuk perangkat Samsung kalian. Perhatikan kode dan namanya. Jangan sampai salah flash firmware.  Ekstrak file firmware tersebut bila kalian mendownloadnya dalam format .zip atau .rar hingga kalian mendapatkan file yang dibutuhkan untuk flashing, yakni file yang berekstensi md5. Untuk model-model terbaru biasanya filenya lebih dari satu. Kalian cocokan saja menurut ekstensinya.
  6. Setelah semuanya siap Pastikan baterai ponsel kalian minimal 40%. Proses flashing rata-rata tidak akan menghabiskan waktu sampai satu jam. Meskipun begitu, kalian harus pastikan baterai ponsel tidak low, dan bisa berakibat atau mempengaruhi ketika proses flashing dilakukan. 
  7. Kita beranjak ke persiapan pada ponsel. Pertama matikan ponsel kalian untuk menuju ke mode download. Caranya setelah ponsel mati  tekan dan tahan tiga tombol ini secara bersamaan: Volume Bawah + Home + Power On/Off. Kalian akan mendapati ponsel dalam keadaan download mode dengan gambar segitiga dengan tanda seru kuning.
  8. Tekan lagi tombol volume atas (+) untuk masuk.
  9. Setelah itu hubungkan ponsel Samsung dengan komputer atau laptop kalian dengan kabel data dan pastikan ada bunyi pada komputer sebagai tanda ponsel kalian terhubung, atau aka nada proses penginstallan driver.
  10. Buka Odin, lihat pada panel (kotak panjang) di bawahnya bertuliskan 0:(COM[angka port perangkat]) misal 0:(COM5) dan ada highlight warna biru muda sebagai tanda ponsel sudah terhubung dengan Odin. Bila belum terbaca, reconnect kembali koneksi ponsel dengan komputer, cabut dan hubungkan kembali kabel data dengan ponsel. Bila masih tidak terseteksi coba kalian pindah port usb, atau ganti kabel usb-nya.  Lantas lihat di panel Odin ada tulisan <ID:0/05> Added!!! 05 adalah nomor port yang terkoneksi.
  11. SEtelah terhubung, klik AP pada menu Odin lalu kalian pilih file yang sudah kalian download. Tunggu pemuatan file. Kadang tool Odin akan bertuliskan not responding, kalian tunggu saja prosesnya.
  12. Setelah termuat dan nama file sudah tertera di Odin, klik START. Dan tunggu proses flashing akan berjalan. Bila sudah selesai, KOtak dialog pada Odin yang tertera di atas akan berwarna hijau dengan tulisan PASS!
  13. Cabut kabel USB, bila ponsel kalian masih bootloops, atau hanya muncul logo saja terus, kalian coba reset pabrik.
  14. Done.
Well, itu saja postingan kali mengenai cara flash Samsung menggunakan Odin. Semoga membantu. Bila ada waktu lagi saya akan update tutorial terbaru tentang flashing Samsung menggunakan Odin dengan firmware terbaru.



Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon