Cara Flash Samsung J200G/DD via Odin
Cara Flash Samsung J200G/DD via Odin

Cara Flash Samsung J200G/DD via Odin

Cara Flash Samsung J200G/DD via Odin. Mengatasi Samsung J2 yang bootloops atau error dengan melakukan flash.

Flash Samsung J2 yang  bootloops dengan Odin. Kata orang-orang, perangkat android tidak akan terlepas dari satu kutukan yakni bootloops. Error pada bagian software yang kadang terjadi tanpa disangka-sangka. Ponsel tidak jatuh, tidak sedang digunakan lalu tiba-tiba stuck di logo atau bootloops.

Apapun merknya perangkat smartphone tersebut tidak terkecuali Samsung. Nah, kali ini, droids.id akan memberikan tutorial cara mengatasi Samsung J2 yang terkena bootloops dengan melakukan flashing. Perlu diingat langkah ini diambil setelah kita mencoba melakukan hard reset pada ponsel kita lantas tak berhasil.

Dan mungkin kalian tahu proses ini akan menghapus data-data dari ponsel kalian. Inilah cara flash Samsung J2 menggunakan Odin.

Download bahan berikut:
Langkah flash Samsung J2:
  • Pertama install driver Samsung di perangkat computer atau laptop
  • Ekstrak file Odin
  • Ekstrak firmware Samsung J2 yang sudah kalian download
  • Setelah semuanya siap Pastikan baterai ponsel kalian minimal 40%. Proses flashing rata-rata tidak akan menghabiskan waktu sampai satu jam. Meskipun begitu, kalian harus pastikan baterai ponsel tidak low, dan bisa berakibat atau mempengaruhi ketika proses flashing dilakukan. 
  • Kita beranjak ke persiapan pada ponsel. Pertama matikan ponsel kalian untuk menuju ke mode download. Caranya setelah ponsel mati  tekan dan tahan tiga tombol ini secara bersamaan: Volume Bawah + Home + Power On/Off. Kalian akan mendapati ponsel dalam keadaan download mode dengan gambar segitiga dengan tanda seru kuning.
  • Tekan lagi tombol volume atas (+) untuk masuk.
  • Setelah itu hubungkan ponsel Samsung dengan komputer atau laptop kalian dengan kabel data dan pastikan ada bunyi pada komputer sebagai tanda ponsel kalian terhubung, atau aka nada proses penginstallan driver.
  • Buka Odin, lihat pada panel (kotak panjang) di bawahnya bertuliskan 0:(COM[angka port perangkat]) misal 0:(COM5) dan ada highlight warna biru muda sebagai tanda ponsel sudah terhubung dengan Odin. Bila belum terbaca, reconnect kembali koneksi ponsel dengan komputer, cabut dan hubungkan kembali kabel data dengan ponsel. Bila masih tidak terseteksi coba kalian pindah port usb, atau ganti kabel usb-nya.  Lantas lihat di panel Odin ada tulisan <ID:0/05> Added!!! 05 adalah nomor port yang terkoneksi.
  • SEtelah terhubung, klik AP pada menu Odin lalu kalian pilih file yang sudah kalian download. Tunggu pemuatan file. Kadang tool Odin akan bertuliskan not responding, kalian tunggu saja prosesnya.
  • Setelah termuat dan nama file sudah tertera di Odin, klik START. Dan tunggu proses flashing akan berjalan. Bila sudah selesai, KOtak dialog pada Odin yang tertera di atas akan berwarna hijau dengan tulisan PASS!
  • Cabut kabel USB, bila ponsel kalian masih bootloops, atau hanya muncul logo saja terus, kalian coba reset pabrik.
  • Done.

Kadang reset pabrik memang sangat diperlukan, jadi sebaiknya kalian hard reset perangkat samsung J2 kalian setelah flash via recovery.  Untuk selebihnya cara flash Samsung J2 dengan gambar, kalian bisa ikuti tutorial di artikel berikut:
Cara flash Firmware Samsung menggunakan tool Odin 
Semoga berhasil.


Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi

7 komentar

avatar

Thank, sangat membantu, HP samsung J2 temen saya jd bisa kembali

avatar

gan pas flashing stuck di system.img terus kenapa ya, sudah sy coba dgn frimware khusus j2 ini tetap stuck-_-

avatar

gimana extarak nya gan

avatar

mantep Bang gak kaya emperan sebelah, shortening url make waiting 5 second masih redirecting, kaya ginii nih langsung sedooot... makasih banyak buat abang mimin.

avatar

kalau untuk hp yang sdh dai root giman gan..? hp saya jadi mentok lgo habis root


EmoticonEmoticon