Cara Terbaru Root Samsung J2 (SM-J200G)
Cara Terbaru Root Samsung J2 (SM-J200G)

Cara Terbaru Root Samsung J2 (SM-J200G)

Root Samsung Galaxy J2 dengan menggunakan SuperSu versi terbaru. Nggak pake bootloops.

Samsung J2 2016 adalah ponsel besutan samsung untuk menyasar pasar mid-end. Kelas menengah ke bawah. Dengan spek yang ternyata biasa saja (untuk sekarang). Katakan saja, ponsel dengan Ram 1 GB untuk dijejali aplikasi zaman sekarang rasanya udah kedodoran. Sedikit lemot, bengong, di kala kita lagi menjalankan multitasking. Yang paling kerasa adalah saat kita mau ngetik, itu keyboard lambat nongol ke permukaan.

Wew, tapi ini Samsung lho, yang banyak orang nyangka dulu, android tuh punya Samsung, dulu  itu pas jaman peralihan dari system operasi java, symbian ke robot ijo- kok lemot?

Dan Samsung Galaxy J2 satu di antaranya yang juga ternyata lemot untuk harga yang bisa dikatakan kita bisa dapat ponsel dengan spek di atasnya.

Bijaknya, ya jangan instal aplikasi banyak-banyak. Atau kita Root saja samsung galaxy J2 ini untuk mendapatkan hasil yang optimal. Karena kalau kita sudah mempunyai akses root, tentu aja kita bisa hapus (uninstall) aplikasi yang nggak kita pengenin. Kan banyak tuh aplikasi-aplikasi yang sebenarnya nggak kita pakai, istilahnya Bloatware.
Kemarin-kemarin, banyak kasus bootloops gara-gara melakukan rooting pada J2. Dikarenakan samsung mengunci kernel pada J2 ini. Namun Chainfire sudah mengupdate SuperSu-nya. Gunakanlah versi terbaru!  Dan tenang, solusi untuk samsung galaxy J2 yang bootloops, kalian tinggal flash ulang / install ulang J2 kalian lagi, baca ini: Atasi Galaxy J2 yang bootloops dengan flash firmware ini
Dan sebelum itu semua, kamu mesti root dulu Galaxy J2 kamu. Caranya? Ikuti langkah berikut:
1. Pakai komputer atau laptop dan pastikan laptop kamu terinstall driver samsung. Bila belum, download driver samsung di sini lalu instal di komputer kamu.
2. Install Odin pada komputer. download Odin di Sini
3. Download custom recovery, kita memakai TWRP, download di Sini
4. Download SuperSu v2.65 atau  SuperSU v2.78 dan simpan di memory card.

Jadi, intinya, kita pasang dulu TWRP sebelum root, baru setelah terpasang recovery kustom tersebut, flash SuperSu dari sana. Fungsi TWRP sendiri adalah selain untuk flash file zip atau image, custom rom, juga untuk backup  restore rom, dan banyak lagi.

Setelah bahannya sudah siap, ikuti langkah berikutnya:
DWYOR (RESIKO DITANGGUNG SENDIRI) 
  • Setelah memastikan driver terinstall dengan benar, buka Odin di komputer / laptop. 
  • Centang OEM Unlock di ponsel. Kamu bisa mengaktifkannya di Developer Option (Mode Pengembang). Jika Devepoler Option belum muncul, pergi ke Setting (Pengaturan) > About Phone (Tentang Ponsel) lalu 'tap' 7 kali pada Build Number lalu kembali ke Pengaturan. Maka Developer Option akan muncul.
  • Setelah itu, masuk ke Odin Mode (Download Mode) di ponsel, caranya matikan ponsel lalu tekan tiga tombol berikut secara bersamaan: Volume Bawah + Home +Power.
  • Setelah masuk, tekan volume Atas untuk melanjutkan
  • Hubungkan ponsel dengan komputer sampai terdeteksi, bila tidak terdeteksi, pastikan driver samsung sudah terinstal dengan benar. Atau coba pindah PORT. 
  • Bisa juga, kalau ODIN tidak mendeteksi ponsel kamu. Tutup aplikasi Odin, putuskan koneksi antara ponsel dan komputer lalu hubungkan, baru buka aplikasi ODIN. 
  • Lihat pada panel ODIN (kotak panjang) di bawahnya bertuliskan 0:(COM[angka port perangkat]) misal 0:(COM5) dan ada highlight warna biru muda sebagai tanda ponsel sudah terhubung dengan Odin. Bila belum terbaca, reconnect kembali koneksi ponsel dengan komputer, cabut dan hubungkan kembali kabel data dengan ponsel. Bila masih tidak terseteksi coba kalian pindah port usb, atau ganti kabel usb-nya.  Lantas lihat di panel Odin ada tulisan <ID:0/05> Added!!! 05 adalah nomor port yang terkoneksi. Lihat Gambar.


  • Klik PDA atau PA, lalu cari file twrp yang sudah kalian download tadi untuk flash TWRP.
  • Setelah itu klik tombol START pada Odin, dan biarkan flash berlangsung. Tidak akan memakan waktu lama kok. 
  • Selamat, TWRP sudah terpasang. Saatnya instal file ROOT. 
  • Masuk recovery mode (TWRP) Dalam keadaan mati, pencet tiga tombol berikut ini: Volume Atas + Home + Power
  • Pada TWRP pilih menu Install lalu flash file SuperSu yang kalian simpan di penyimpanan.
  • Setelah selesai tinggal reboot ke system
  • Done,
Cara ini berhasil daripada metode yang sebelumnya (yang menyebabkan bootloops) karena menggunakan file SuperSu yang lebih baru. Tetapi jika kalian mengalami bootloops, lihat cara mengatasinya di atas.

Dan langkah ekstrim selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang custom rom. Yang biasanya memang lebih gegas dari stock rom (rom bawaan).

Selamat mencoba, semoga berhasil. 

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi

1 komentar:

avatar

mantap om, terimakasih sudah share
solder uap


EmoticonEmoticon