Cara Flash Xiaomi Redmi 5a RIVA
Cara Flash Xiaomi Redmi 5a RIVA

Cara Flash Xiaomi Redmi 5a RIVA

Cara Flash Xiaomi redmi 5a (RIVA) via Miflash menggunakan rom fastboot global.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5a RIVA
Flash redmi 5a bisa juga disebut instal ulang ini bisa untuk memperbaiki berbagai macam kerusakan yang terjadi pada xiaomi redmi 5a. Tapi dengan catatan bukan masalah hardware, yakni hanya masalah software-nya saja. Misal error-error yang terjadi pada sistem, bootloops dan semacamnya.

Tetapi walaupun begitu opsi flash redmi 5a ini adalah pilihan terakhir dilakukan jika upaya yang sederhana, seperti factory reset, tidak bisa dilakukan atau tidak bisa memperbaiki masalah yang ada. Jadi lakukan flash jika memang tak ada jalan keluar lagi atau aebagai jalan yang terakhir ditempuh.
Kecuali tujuan flash ini memang untuk sekedar upgrade sistem operasi. Baik ganti versi android atau seri bentukan sistem.

Baiklah, ini persiapan yang harus kamu lakukan untuk flash redmi 5a:

#1. Pastikan kamu sudah unlocked bootlader atau kalau belum kamu bisa tempuh jalan dengan melakukan test poin sehingga pc akan mendeteksi kode 9008 ketika ponsel redmib5a kamu tersambung ke pc. Proses test point sendiri bisa dilakukan dengan menghubungkan dua titik di dalam perangkat ponsel. Itu artinya kamu harus membuka casing dan menemukan kedua titik tersebut.

#2. Download Miflash dan sesuaikan dengan arsitektur laptop atau pc kamu. Jika pc kamu berarsitektur 64 maka lebih baik, dan downloadlah Miflash untuk ars x64 dan begitupun yang berarsitektur 32 (x86). Lalu instal di PC
Download Miflash (bisa digunakan di x64 dan x32 window 7 ke atas)
#3. Adb fastboot (bisa menggunakan minimal adb & fastboot). Sama seperti Miflash, file ini juga instalkan ke PC.
#4. Firmware atau stock rom redmi 5a. Di sini pastikan kamu mendownload yang rom fastboot. Setelah itu ekstrak hingga kamu mendapatkan folder yang di dalamnya terdapat beberapa file. Dan simpan di folder luar drive kamu (misal pindahkan hasil ekstrakannya ke D:) agar lebih gampang dan tidak terjadi gagal karena penamaan dan peletakan folder firmware tersebut. 
Download Fastbooot Rom Redmi 5a Global Stabil 9.2.2.0
Catatan: format file fastboot rom akan berekstensi .tgz maka dari itu kamu perlu mengekstraknya (rekomendasi pake 7zip) sampai dua kali pengekstrakan, dari .tgz lalu .tar, lalu ekstrak lagi sampai kamu mendapatkan folder file penginstalan seperti gambar di bawah ini:
Cara Flash Xiaomi Redmi 5a RIVA

Langkah-langkah flash Xiaomi Redmi 5A:

  1. Masukan ponsel redmi 5a kamu ke mode fastboot dengan cara matikan ponsel lalu tekan dan tahan tombol volume bawah + tombol power on / off . Tandanya akan muncul gambar boneka kelinci mi. Atau bisa juga dengan menggunakan "download" mode dengan cara menekan tombol volume atas + volume bawah + tombol power, lalu akan ada menu dan pilih menu "download". Bedanya akan terbaca di komputer dengan tulisan "com#" pada Miflash (download mode). Pilih salah satu saja
  2. Buka aplikasi Mi Flash di pc / laptop kamu 
    Cara Flash Xiaomi Redmi 5a RIVA
  3. Hubungkan ponsel yang dalam mode fastboot tersebut ke laptop menggunakan kabel USB. Jika drivernya terinstal dengan benar maka mi flash akan mendeteksi ponsel kamu. dan akan tertera angka atau tulisan di miflash. 
  4. Di dalam mi flash klik "select" pilih tujukan kepada file yang berisi file flash tadi. di bagian bawah dari miflash centang "clean all" 
  5. Jika hp kamu belum terdeteksi coba klik "refresh".
  6. Setelah semuanya sesuai prosedur, maka klik flash. 
  7. Proses flash akan berjalan dan setelah selesai akan ada tulisan succes dan berwarna hijau. Dan sebaliknya jika gagal akan tertera warna merah dalah bar proses instalasinya.
  8. Done. 
Untuk ponsel redmi 5a yang belum unlocked bootloader, sila lakukan dengan metode test poin, kalian bisa menjelajahi penelusuran google untuk lebih jelasnya. lalu lakukan langkah seperti di atas untuk proses flashnya lagi. test point dilakukan hanya agar si ponsel terdeteksi di PC / laptop oleh Miflash-nya. Nantinya bakalan muncul dengan kode 9008.

Well, itulah cara instal Xiaomi Redmi 5A menggunakan Miflash Tool, semoga berhasil.  

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon