Cara Mengaktifkan Fitur P.i.P (Picture in Picture) pada Custom Rom (cusrom) Oreo
Cara Mengaktifkan Fitur P.i.P (Picture in Picture) pada Custom Rom (cusrom) Oreo

Cara Mengaktifkan Fitur P.i.P (Picture in Picture) pada Custom Rom (cusrom) Oreo

Karena pada custom rom oreo tidak begitu saja untuk dapat mengaktifkan fitur PiP, maka kita coba cara berikut ini untuk mengaktifkan fituy Picture in Picture pada cusrom Oreo.

Android Oreo sudah terbilang lama hadir walaupun beberapa perangkat masih bertahan di Android Versi Nougat atau bahkan Marshmallow. Yang menjadi pembeda antara versi android-android tersebut salah satunya adalah dari segi celah keamanan, dan fitur yang tersemat di dalamnya.

Fitur PIP ini adalah fitur yang membedakan antara OS Android Oreo dengan yang lainnya. Semisal kita mengenal fitur
Split Screen pada android versi nougat, maka fitur picture in picture ini adalah fitur khas yang dimiliki oleh
android versi Oreo.

Untuk ponsel yang sudah dari vendornya dibekali versi android Oreo, maka besar kemungkinan akan disematkan fitur Picture in Picture ini. Pengaksesannya pun cukup gampang. Cara menggunakan fitu PiP ini cukup dengan menekan tombol Home ketika kita membuka aplikasi yang juga mendukung fitur PiP ini. semisal aplikasi chrome dan youtub. Segampang itu, beneran? Coba saja.

Lantas untuk yang memasang custom rom oreo, yang berarti versi androidnya bukan dari vendor ponselnya, bagaimana? Ternyata tidak segampang cara di atas. Masih ada jalan yang mesti kita tempuh bersama (yaelaahhhh). Tapi tenang, droids id akan ngasih tahu kamu cara mengaktifkan fitur PiP (Picture in Picture) pada Custom Rom Oreo.

Cara untuk mengaktifkan fitur PiP:

1. Kita lihat dulu aplikasi apa saja yang mendukung fitur PiP ini caranya:
Masuk ke Seting > Aplikasi Notifikasi > Lanjutan > Akses Aplikasi Khusus > Picture-in-Picture. Ternyata memang nggak semua aplikasi mendukung fitur PiP ini.
2. Masuk Menu Navigation Bar (untuk tiap custom rom letaknya pasti berbeda) dan aktifin, maka di layar kalian akan terdapat tombol digital pada layar bawah (Navbar).
3. Ubah Navigation Mode ke Stock maka akan muncul menu Stock Setting
4. Masuk ke menu Stock Setting. Di sana aktifkan menu Jenis tombol ekstra kanan dan Pilih Kode Tombol
5. Ganti Nilai (value) kode tombol tersebut jadi 171 (tadinya 66)

6. (opsi) kita juga bisa pilih jenis tampilan ikon kanannya
7. Selesai

Untuk Videonya, bisa kalian lihat di:
Tanda kalian berhasil menambah Tombol Ekstra Kanan adalah munculnya ikon pada Navigation Bar di kanan bawah sebagai tombol navigasi baru. Dan tombol itu sebagai trigger untuk mengaktifkan fitur Picture in Picture nantinya.

Untuk mencobanya silakan buka aplikasi yang mendukung fitur PiP tadi, sebagai contoh kalian bisa membuka aplikasi Chrome setelah selesai terbuka, kalian langsung klik navbar paling kanan tadi yang sudah kalian buat, maka aplikasi chrome tersebut akan menyusut dan tampil di beranda atau melayang di atas menu lainnya.

Mungkin hasilnya tidak sesuai ekspektasi kita, tapi ya itulah bentuk dari fitur PiP ini. Lumayan untuk sekedar mengobati rasa penasaran. Silakan coba dan semoga berhasil.

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon