Cara Mengubah Tema pada Custom Rom Android (RR, AEX, LOS)
Cara Mengubah Tema pada Custom Rom Android (RR, AEX, LOS)

Cara Mengubah Tema pada Custom Rom Android (RR, AEX, LOS)

Cara mengubah tampilan tema, atau font pada custom rom android.

Buat kamu yang bosan dengan tampilan stok dari custom rom (baik itu Ressurection Remix, Aosp Extended, Lineage OS, dll) yang hampir seragam atau gitu-gitu aja, dan ingin mengganti atau mengubah tampilannya kamu bisa ikutin tutorial ini. Di sini saya menggunakan Substratum Engine. Mungkin sudah pada tahu atau sekadar dengar tentang pengubah tema atau tampilan pada custom rom ini. 

Substratum layaknya aplikasi pihak ketiga. Kita tinggal mengunduh aplikasi ini di playstore, lalu beragam tema siap diterapkan. Opsi pengubahannya pun bukan dari sekedar tampilan latar tapi kita bisa juga mengubah jenis font dan ikon-ikon tertentu seperti navigasi bar. Juga varian tweaks.
Pastikan custom rom kamu sudah mendukung OMS (Overlay Manager Service). Untuk mengetahuinya, biasanya dari keterangan postingan ROM, misal di XDA suka ada keterangannya sudah mendukung OMS atau belum. 

Juga sudah pasti, ponsel kamu sudah kamu root sebelumnya. 

Tapi mesti diketahui, setelah kamu menginstal Substratum Engine ini tidak serta merta pilihan dan ragam tema tersedia. Kamu mesti download dan instal terlebih dahulu. Untuk mudahnya, pilihan temanya juga tersedia kok di Playstore. Namun tidak semuanya gratis. Untuk dapatkan tema yang bagus, kamu harus membelinya. Well, banyak kok yang gratis tapi bagus juga, kalau kamu belum rela mengeluarkan rupiah untuk itu. 

Ikuti langkah ini untuk mengubah tema ponsel dengan menggunakan Substratum:

  1. Download dan instal aplikasi Substratum Engine di Playstore 
  2. Setelah terinstal buka aplikasi lalu kalian bisa pilih tema yang akan kalian terapkan. Opsi ini akan mengarahkan kita ke playstore juga untuk mendownload tema / font / tweak. 
  3. Setelah theme atau font package-nya terinstal buka aplikasi Substratum untuk menerapkannya langsung ke tema kita. 
  4. Tidak perlu restart ponsel segala. 


Selain dari playstore untuk tema-temanya bisa kalian unduh di xda, atau cari pilihannya dengan mengetikannya di google. 

Sekian artikel cara mengubah tema pada custom rom menggunakan Substratum Engine. 


Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi


EmoticonEmoticon