Trik Merekam Layar Android dengan Audio System dan Jernih Qualitas 20 Mbps
Trik Merekam Layar Android dengan Audio System dan Jernih Qualitas 20 Mbps

Trik Merekam Layar Android dengan Audio System dan Jernih Qualitas 20 Mbps

Gunakan trik ini untuk Merekam Layar Android dengan Audio System dan Jernih Qualitas 20 Mbps

Trik Merekam Layar Android dengan Audio System dan Jernih Qualitas 20 Mbps
Sebelumnya, tutorial ini untuk Redmi 4X. Untuk pengguna lain selain Santoni, mungkin akan mengalami bootloops jika menerapkan trik ini.

Bagi para yutuber gamer ponsel atau user yang suka iseng memosting video saat dia bermain game di media sosial, perekaman layar pada HH-nya, merupakan modal utama. Maka dari itu qualitas video hasil perekaman layarnya pun tentu sangat harus diperhatikan. Juga, selain kualitas video, keluaran suaranya pun harus bersih, kalau bisa mengambil suara dari sistem ponsel itu sendiri. Sehingga suara gamenya terdengar bersih. 
Pada android sebelumnya, mungkin dimulai dari versi Kitkat kalo nggak salah, akses perekaman suara dibatasi. Yakni, kita para user tidak bisa merekam suara hasil keluaran sistemnya sendiri. Ketika kita merekam layar, maka sumber audio yang kita dapatkan adalah suara hasil perekaman dari mikropon. Maka hasilnya pun tidak jernih. Ada suara-suara lain yang tidak diinginkan. 

Nah, sekarang ternyata bisa, kita merekam layar sekaligus mendapatkan suara yang bersumber dari sistem. Jadi saat merekam game, suaranya pasti jernih. Namun qualitas gambarnya masih sekitaran 8 Mbps. Hasil video tidak akan maksimal, buram, tidak tajam dan jernih. 

Untuk pengguna MIUI 10 (redmi 4x) perekam layar bawaan sudah mumpuni sebenarnya (ya di samping hasil video yang belum maksimal) karena perekam audio di playstore (saat ini) belum dapat akses perekaman pada sumber sistem suara. Jadi ya mikropon saja. 

Agar bisa merekam jernih, maka perekaman layar harus mempunyai kualitas 16 Mbps. Untuk itu kita perlu file pengganti jeroan perekam suara ini. Yakni dengan mengubah atau mengganti file media profiles yang berekstensi xml dalam sistem android. 

Begini cara menjernihkan kualitas perekaman layar pada android sampai 20 Mbps. 

  1. Ponsel harus dalam keadaan root
  2. File Xplorer semisal Rootex
  3. Download media profiles.xml di sini.
  4. Pindahkan ke folder root  > etc 
  5. Ganti file yang sama di sana kalau perlu backup terlebih dahulu (salin file asli ke folder penyimpanan)
  6. Setelah berpindah, ganti permissions file media profiles.xml yang sudah kita download tadi ke rw-r-r (lihat gambar di bawah) 
  7. Reboot ponsel. 
  8. Done
Trik Merekam Layar Android dengan Audio System dan Jernih Qualitas 20 Mbps

Mengubah permissions ke rw-r-r

Ingat cara / file ini khusus untuk pengguna Redmi 4x atau Santoni. 

Namun jangan kaget dengan ukuran hasil perekaman layar yang besar. Bisa sampai bergiga-giga (pengalaman sendiri). Di pengaturan saya memberikan nilai 16 Mbps (nilai segini pun qualitas video sudah sangat jernih), namun tetap saja besar ukuran file yang dihasilkannya. Apalagi bila memilih yang 20 Mbps. 

Itulah cara menjernihkan perekaman layar 20 Mbps pada android. Sumber dari Grup redmi 4x indonesia, dan file yang katanya dari MIUI AM. 

Baca juga:

Admin
Opreker jarang mandi

2 komentar

avatar

Filenya ditaruh mana kak?

avatar

Filenya ditaruh mana kak?


EmoticonEmoticon