Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android
Kita bisa menyembunyikan aplikasi pada ponsel android dengan mudah. Bukan sekadar file gambar atau video saja. Caranya sangat gampang tentunya. Proses ini tidak diperlukan root sama sekali dan semua jenis ponsel bisa melakukannya.

Privasi adalah salah satu hal yang utama pada kehidupan. Salah satunya juga privasi kita di ponsel. Untuk tidak dibuka orang lain, saudara, bahkan pacar atau istri Anda. Biasanya Anda yang menyembunyikan aplikasi di hape agar tidak tampil pastinya untuk menjaga kerahasiaan tertentu. 
Kebanyakan yang sering saya temui kasusnya adalah menyembunyikan aplikasi perpesanan semisal WhatsApp. Bisa WhatsApp kloningan atau ganda bahkan aplikasi utamanya. Selain itu sebagian orang mungkin ingin hide aplikasi yang aneh-aneh yang urusannya tidak mau diketahui orang lain. 

Kali ini droids.id akan membagikan cara menyembunyikan aplikasi android dengan cara mudah.

Cara sembunyikan aplikasi Android

Ada banyak cara agar aplikasi android tidak muncul di beranda atau laci aplikasi. Fitur itu bahkan sudah diberikan secara default (bawaan) dari salah satu merk ponselnya. Seperti halnya kloning aplikasi yang sudah ada pada ponsel semacam Realme atau Redmi. Bahkan Redmi sendiri sudah terkenal bisa membuat ruang kedua. Jadi semacam kamar kedua yang tentu ragam aplikasinya bisa tidak ketahuan secara langsung seperti di ruangan pertama. Orang awam pasti tidak secara langsung mengetahui fitur ini. Jadi fitur itu pun bisa digunakan untuk menyembunyikan sebagian privasi kita.
Baca Juga: Aplikasi Edit Foto jadi Anime (Cut Ying Bahasa Indonesia)
Kita anggap saja untuk pengguna ponsel kekinian akan ada fitur bawaannya untuk hide app. Semacam ponsel samsung pun sudah ada fitur ini. Kalian juga pasti sudah ubek-ubek sendiri dan melihat-lihat fitu apa saja yang tersedia pada ponsel kalian.

Nah, untuk itu ini adalah tutorial cara menyembunyikan aplikasi dari ponsel jadul yang tidak diberi keistimewaan tersebut. Caranya adalah:

1. Menggunakan Launcher pihak ketiga 

Selain mengubah penampilan ponsel kalian, ternyata ada juga fitur tambahan dari Peluncur Android yang kekinian. Kalian bisa download beragam launcher yang mempunyi fitur hidden apps (menyembunyikan aplikasi) dari Google Playstore. Biasanya launcher-launcher tersebut sudah disemati kemampuan tersebut. Dan tenang saja aplikasi android ini gratis. Misalnya saja:  

Silakan lakukan pengunduhan terlebih dahulu untuk menginstal APEX LAUNCHER dari Google Playstore. Setelah berhasil kalian pasang di ponsel, lakukan konfigurasi awal. Setelah selesai, kalian masuk ke pengaturan (Apex Setting), di sana akan ada menu Hidden Apps. Masuk ke menu tersebut dan di sana kalian bisa langsung memilih aplikasi mana saja yang mau disembunyikan. 

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

Untuk mengembalikannya kalian tinggal masuk ke menu itu lagi dan pilih opsi unhide

Sama halnya dengan Apex Launcher di atas cara kerjanya. Semua fitur yang terdapat pada Nova Launcher bisa kalian lihat-lihat. Pergi ke menu setingan dan lihat apa saja yang bisa kalian rasakan manfaatnya dari launcher ini. 
Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

2. Menggunakan App Lock 

Kalau kalian merasa tidak mau bersusah payah mendownload dan mengganti launcher, dikarenakan sudah terlanjur suka launcher bawaan pada ponsel, gunakanlah App Lock. Aplikasi ini tentu saja menawarkan penguncian aplikasi dengan pola, sandi, bahkan fingerprint. Tentu saja App Lock ini juga bisa menyembunyikan aplikasi, serta gambar dan file video. 

Setelah kalian mengunduh aplikasi ini, silakan berikan password berupa pola atau kode. Penting, jangan sampai lupa password yang sudah kalian simpan, jika tidak kalian harus menghapus aplikasi ini untuk mengembalikan apa yang sudah kalian ubah sebelumnya. 

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android

Kesimpulan

Pada ponsel memang telah disediakan fitur privasi seperti penguncian layar yang berupa pola atau password lainnya, bahkan fingerprint. Akan tetapi kalau itu saja tidak cukup, silakan menggunakan ragam fitur yang tersedia sebagai opsi untuk menjaga privasi kamu. 

Sekian artikel tentang cara menyembunyikan aplikasi Android. Semoga bermanfaat.
Zeth
Zeth Regular everyday normal opreker

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Menyembunyikan Aplikasi Android"