Cara Membuat Billing Hotspot Gratis tanpa Mikrotik

Billing Hotspot Gratis tanpa Mikrotik

Kali ini droids.id akan memberikan tutorial cara membuat billing hotspot gratis tanpa mikrotik dan dipasang di Laptop. Sudah jelas, cara ini merupakan buat pemain pemula bukan buat pemain pro. Mungkin yang sekadar ingin usaha RT / RW Net di rumah sendiri kecil-kecilan 

Dengan cara ini kamu bisa membuat login page, mengatur bandwidth kecepatan internet dan timer otomatis yang bisa diatur sesuai keinginan. Tentu dengan kelebihan dan kekurangannya bila dibandingkan dengan menggunakan atau membeli alat khusus seperti Mikrotik.

Saya juga menggunakan cara ini untuk sekadar iseng saja di rumah. Kebetulan saya pasang WiFi Indihome 20Mbps. Ya lumayan saja suka ada anak-anak numpang hotspot ke rumah. Duitnya buat membeli kopi sama kebul.
Billing Hotspot Gratis tanpa Mikrotik

Cara membuat Billing Hotspot Gratis tanpa Mikrotik dengan mudah

Alat-alat yang diperlukan untuk menjual jasa hotspot dengan timer otomatis mati sendiri dan login page yang menarik adalah: 
  1. Perangkat komputer bisa laptop atau PC. 
  2. Perangkat Router bisa bekas atau baru 
  3. Kabel Lan (RJ-45)
  4. Sumber internet. 
  5. Aplikasi MyHotspot - Aplikasi Billing hotspot gratis tanpa mikrotik. Download
Saya sendiri di sini menggunakan laptop sebagai medianya. Di luaran banyak sekali tutorial yang menggunakan PC sehingga diperlukan 2 Port sebagai syarat utama. Intinya mungkin adalah perangkat komputer kita terhubung dengan sumber internet dan terkoneksi dengan akses poinnya. Nah dikarenakan Laptop sudah bisa menerima WiFi, maka Port satunya lagi kita hubungkan ke akses poin lewat kabel Lan atau RJ-45. 

Langkah-langkah membuat Billing WiFi tanpa Mikrotik menggunakan MyHotspot

1. Reset router dan ubah menjadi access point.  Caranya mungkin akan berbeda untuk setiap perangkat router, tapi di sini saya menggunakan modem huawei bekas yang mirip router indihome serinya Huawei HG8245a. Saya beli bekas di Bukalapak. 
Caranya bisa ikuti di panduan ini: Cara ubah Router jadi AP
Catatan: Jangan menggunakan Authentication Mode : WPA/WPA2 PreSharedKey, biarkan kosong saja (Open)

2. Ubah setingan koneksi wifi yang masuk ke laptop menjadi 'Shared'. Caranya masuk ke Control Panel\Network and Internet\Network Connections. Pilih koneksi Wi-Fi\Properties\ pilih tab menu Sharing di samping Tab Menu Network dan centang kotak opsi Allow other network users to connect through this computer's Internet connection
Cara Membuat Billing Wi-Fi tanpa Mikrotik


3. Instal aplikasi MyHotspot ikuti tahapannya. Setelah selesai aplikasi tersebut akan meminta untuk restart Laptop. Maka restart perangkat komputer kamu. 

4. Setelah komputer menyala kembali, aplikasi MyHotspot otomatis akan langsung terbuka kembali dan langsung membuka menu konfigurasi Hotspot. 

5. Pastikan laptop sudah terkoneksikan ke internet via wifi. Setelah itu colokan router yang sudah diubah menjadi acces point tadi ke laptop menggunakan kabel Lan. Tunggu beberapa menit untuk memastikan laptop sudah terhubung jaringan router sehingga terbaca IP-nya di aplikasi MyHotspot. Kalau IP belum muncul di opsi WiFi dan Ethernet, tutup dulu aplikasi MyHotspotnya. Lantas buka kembali beberapa saat kemudian.

6. Untuk mengakses menu konfigurasi kembali, setelah aplikasi terbuka pilih menu Edit, pilih Network Configuration. Lantas di menu Hotspot dan submenu Network klik opsi Set up Network di kotak dialog sebelah kanan. Karena kita menggunakan jaringan WiFi maka pada kotak dialog yang muncul, pilih: 
Network card with the Internet connection : Wi-Fi (di sini akan muncul Ip addressnya) 
Network card to W-LAN Acces Point : Ethernet (192.168.137.1) 

Untuk bagian bawahnya pilih Configure the network using the Windows Internet Connection Sharing (ICS) 

Cara Membuat Billing Wi-Fi tanpa Mikrotik

Kalau semuanya benar, kita sudah selesai mengkonfigurasi aplikasi MyHotspot sebagai Billing Wi-Fi tanpa Mikrotik. Untuk pengaturan login page, user, dan mengatur bandwidth, serta hal-hal seputar aplikasi ini, kalian bisa nonton di https://youtu.be/hw8FTZTfy9A.

Zeth
Zeth Regular everyday normal opreker

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Billing Hotspot Gratis tanpa Mikrotik"