-->

Cara Install TWRP Samsung J7 Prime Terbaru

Inilah cara Install TWRP Samsung J7 Prime Terbaru dengan menggunakan Odin.
Konten [Tampil]

Mungkin kalian pernah dengar istilah TWRP dan ingin install TWRP pada Samsung J7 Prime kalian. Karena tentu saja setelah penginstallan atau pemasangan TWRP ini, kalian bisa mencustom ponsel Android kalian ke level yang lebih tinggi.

Cara Install TWRP Samsung J7 Prime Terbaru

Cara Install TWRP Samsung J7 Prime 

Sebelum beranjak ke cara pemasangan TWRP pada Samsung J7 Prime kalian, ada baiknya kalian mengetahui apa itu arti dari TWRP sendiri. 

Apa Itu TWRP?

TWRP adalah kependekan dari Team Win Recovery Project yang merupakan salah satu jenis custom recovery untuk ponsel Android. Kalau dulu mungkin kita familiar dengan istilah CWM. Namun pamor CWM sekarang kalah oleh perkembangan TWRP. Selain CWM dan TWRP diantaranya ada Phillz Recovery, Orangefox, dan lain-lain.

Bedanya custom recovery dengan recovery stock (bawaan) adalah salah satunya kita bisa memasang custom rom melalui custom recovery. Juga banyak fitur lainnya yang tersedia pada menu di dalamnya.

baca juga Perbedaan Antara Custom Rom dan Official Rom Android

Fitur TWRP

FITUR TWRP
TWRP

Ketika kita pertama kali membuka TWRP tampilan utamanya akan menampilkan 8 menu dengan fungsi dan kegunaannya masing- masing, yakni:

Install

Dari menu ini kita bisa memasangkan Stock Rom atau Custom Rom ke ponsel Android kita. Bukan hanya itu saja, lewat menu ini juga kita bisa memasang tweak atau config modifikasi. Bahkan memasang custom recovery lainnya bisa melalui menu ini.

Format file yang akan dipasang pada TWRP biasanya file dengan format .zip dan .img.

Wipe

Pada menu ini kita bisa membersihkan ponsel Android kita. Mulai dari pembersihan data, cache, dalvik cache dan format data semuanya.

Untuk pemasangan custom rom biasanya kita diharuskan untuk membersihkan dulu semua data dan sistem pada ponsel Android kita. Jika tidak, potensinya akan berakibat kegagalan pemasangan.

Beda halnya jika kita memasang pembaruan Rom saja. Misalnya kita akan memperbarui cusrom Pixel Experience, maka kita bisa memasangkannya langsung tanpa melakukan wipe terlebih dahulu. Istilah itu dinamakan dirty flash. Kecuali mungkin ada keadaan yang mengharuskan kita melakukan clean install (kebalikan dari dirty flash).

Tentu saja risikonya adalah kita kehilangan data-data di ponsel Android kita. Ponsel jadi baru lagi seperti ketika kita pertama membelinya.

Backup

Backup pada menu TWRP berfungsi untuk mencadangkan data-data kita yang ada di ponsel. Dengan menu ini kita bisa mencadangkan data sebagian atau semuanya. Ada istilah Nandroid Backup untuk itu.

Jadi ketika kita melakukan pemasangan Rom Android baru pada ponsel, kita tidak akan kehilangan data-data sebelumnya. Tinggal memulihkannya saja lagi kalau kita sudah mencadangkan semua data kita tentunya pada menu Backup ini.

Restore

Nah pada menu inilah kita bisa memulihkan data kita yang sudah kita cadangkan sebelumnya pada menu Backup. Ingat ya kita tidak bisa menggunakan fungsi dari menu ini sebelum melakukan Backup terlebih dahulu pada ponsel Android kita.

Mount

Untuk menu Mount pada TWRP biasanya ini untuk kategori lebih ahli. Maksudnya menu ini digunakan dalam situasi tertentu. Mount fungsinya agar kita bisa mengakses suatu folder atau file tertentu pada system.

Misalkan pada setingan default sebuah rom Android, pada TWRP kita tidak bisa masuk ke sistem dan mengubah sesuatu di dalam folder tersebut karena tidak ditampilkan. Nah kita bisa menampilkannya dengan melakukan Mount terlebih dahulu pada folder sistem tersebut.

Setelah itu kita bisa mengubah, semisal menghapus beberapa file di dalamnya.

Settings

Menu Settings pada TWRP ini lebih ke pengaturan untuk TWRP-nya sendiri. Di bagian ini, kalian bisa mengubah bahasa, time zone, screen timeout, vibrasi, kecerahan layar, dan beberapa pengaturan lainnya.

Advanced

Seperti namanya, Menu Advanced adalah menu tingkat lanjut yang bisa kita peroleh dari TWRP Android. Di dalamnya ada menu yang bahkan mungkin kita tidak akan pernah menjamahnya sebagai awam.

Kita hanya akan menggunakan fungsi File Manager saja palingan.

Reboot

Menu Reboot pada TWRP ini berfungsi kalau kita ingin kembali ke sistem atau menyalakan ulang TWRP itu sendiri. Pilihannya juga memungkinkan kita bisa menyalakan ulang ke menu fastboot.

Itulah fitur TWRP dan sedikit penjelasannya. Untuk lebih jauhnya kalian bisa mendapatkan informasi dari forum-forum Android semisal XDA.

Proses Pemasangan TWRP pada Samsung J7 Prime

Untuk melakukan prosesi penginstallannya, kalian harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Jangan takut bootloops atau apa, selama kalian mengikuti langkah-langkahnya secara benar, kalian tidak akan mengalami hal yang membuat ponsel Android kalian bermasalah.

Bahan-bahan

  1. Siapkan PC atau Laptop
  2. Kabel USB untuk menghubungkan ponsel ke PC
  3. Koneksi Internet, untuk mengunduh beberapa file

File yang mesti diunduh dan simpan di Laptop atau PC untuk opsi nomer 4 simpan di penyimpanan eksternal.

  1. Driver Samsung, jika sudah bisa dilewati.
  2. ODIN
  3. File TWRP 3.2.3 Samsung Galaxy J7 Prime twrp-3.2.2 (format .tar)
  4. latest no-verity-opt-encrypt.zip 

Persiapan pada ponsel

  1. Aktifkan USB Debugging

Di ponsel Samsung A5 2017 kita masuk ke Pengaturan > Tentang ponsel > Informasi Perangkat Lunak > Ketuk 7 kali Nomor versi hingga muncul pop up pemberitahuan “Mode pengembang telah diaktifkan“.

Setelah Mode Pengembang telah aktif kita kembali ke pengaturan dan cari Menu Mode Pengembang, atau Pilihan Pengembang.

Di sana ada menu Aktifkan USB Debugging, centang kotaknya supaya aktif.

2. Buka Kunci OEM

Masih dalam menu mode pengembang, kita cari Kunci Oem dan buka opsi tersebut agar pilihannya terbuka.

Persiapan pada PC atau Laptop

Setelah kita sudah mengunduh bahan-bahannya kita langsung kerjakan cara pasang TWRP pada Samsung Galaxy J7 Prime:

  1. Install driver terlebih dahulu agar ponsel kita terbaca di laptop atau pc.
  2. ekstrak file ODIN
  3. Buka aplikasi ODIN
  4. Matikan ponsel lalu masuk ke mode download (Tahan tombol Home + Power + Volume Bawah) pencet lagi volume bawah untuk melanjutkan.
  5. Setelah masuk mode download hubungkan ponsel Samsung Galaxy J7 Prime ke Laptop dengan menggunakan kabel USB ODIN
  6. Pastikan Ponsel terbaca oleh ODIN, lihat gambar pada poin nomor 5. 0 [com]
  7. Klik menu AP (lihat gambar) dan pilih file TWRP yang sudah kita unduh tadi.
  8. Pada menu OPTION (Odin) hilangkan centang Auto Reboot agar tidak gagal.
  9. Klik START
  10. Setelah selesai maka pada aplikasi Odin akan berwarna Hijau pada kolom kiri atas.
  11. BACA JUGA: CARA FLASH SAMSUNG A5 2017

    Catatan: Untuk keluar dari mode download Samsung adalah sama dengan caranya masuk, yakni tahan tombol HOME + Power + Volume Bawah.

    Sedangkan untuk mengakses atau masuk ke MODE TWRP atau Mode Recovery yakni dalam ponsel keadaan mati tahan tombol Home + Power + Volume Atas.

PENTING!
- Ketika pertama kali TWRP terbuka, kalian harus format data di TWRP. Itu artinya data-data di ponsel kalian akan hilang. Ada menu untuk format data pada TWRP. 
- Setelah itu kalian harus reboot (restart) TWRP [Home Screen > Reboot > Recovery]
- Ketika TWRP terbuka kembali kalian baru flash file no-verity-opt-encrypt zip tadi. Itu tidak akan hilang jika kalian benar-benar menyimpannya di penyimpanan eksternal.

Prosesi flashing no-verity-opt-encrypt zip adalah untuk mencegah enkrivitas (re-encrypting) ketika reboot ke sistem. 

Dan setelah memasang TWRP kalian bisa memasang custom rom, silakah pilih cusrom di Kumpulan custom rom Samsung J7 Prime.

Tentu saja kalian juga bisa melakukan pasang root, ikuti cara root samsung galaxy j7 prime terbaru dengan Magisk.

Sekian dulu artikel cara instal TWRP Samsung J7 Prime terbaru.