-->

Cara Root Samsung J7 Prime Terbaru dengan Magisk

ini cara root Samsung Galaxy J7 Prime terbaru dengan Magisk.
Konten [Tampil]
Cara Terbaru Root Samsung J7 Prime dengan Magisk

Droids.id- Bagi yang ingin memaksimalkan perangkat ponsel Androidnya mungkin pernah dengar istilah dengan namanya root. Begitupun dengan Samsung J7 Prime milik kalian, bisa dengan mudah di-root dengan metode dan app rooting yang mutakhir. 

Cara Root Samsung J7 Prime dengan Magisk

Prosesi root sendiri dalam dunia Android dikenal sudah sejak lama. Hal itu menimbulkan pro dan kontra. Tentu saja yang kontra mungkin adalah para pihak developer aplikasi. Karena dengan prosesi ini user bisa melakukan perubahan pada aplikasi mereka yang kadang merugikan. 


Seperti cheat atau modifikasi lainnya. Ada beberapa aplikasi atau game yang tidak bisa diakses kalau user sudah melakukan root pada ponsel Androidnya.  Bukan hanya itu, ada app yang bahkan tidak bisa dibuka hanya karena user mengaktifkan usb debugging atau mode pengembang pada ponselnya saja. 

Apa itu root?

Root android pada dasarnya adalah seperti pembuka pintu masuk untuk memodifikasi ponsel ke level yang lebih dalam dan yang sebelumnya tidak bisa diakses. Misalnya merubah partisi /data dan /sistem. Mempunyai root akses juga membuat kita bisa menginstall aplikasi ketiga yang mampu memberikan level modifikasi sistem dengan fitur yang berbeda dan bahkan baru.

Perlu diingat tahap rooting ini hanyalah sebagai pembuka jalan. Tahapan berikutnya masih ada yang lain semisal unlockbootloader, S-Off (pengguna HTC), penginstallan custom recovery (untuk flash custom rom, mengganti kernel dan modifikasi antar perangkat). Atau install Xposed Framework yang mana berfungsi sebagai aplikasi untuk memudahkan modifikasi sistem secara non-destruktif. Dan kesemuanya itu dimulai dengan proses root pada android.

Android yang sudah di-root garansinya akan hilang. Itu bisa menjadi pertimbangan sendiri buat penggunanya. Kalau misal ponselmu baru dan masih sayang kehilangan garansi, dan belum ada niatan yang kuat, ya pikir-pikir saja dulu. Pengalaman saya, baru seminggu beli Xperia Mini Pro (zaman dulu) langsung saya root, saya unlockbootloader, ganti kernel, lantas naikkin versi android.

Sekarang fitur root juga makin canggih, apalagi sejak kehadiran Magisk. 
MAGISK
magisk

Apa itu Magisk

Magisk adalah kependekan dari Magic Mask. Keterangan dari laman resminya di Github, Magisk, saya definisikan sebagai antarmuka perangkat android universal yang tidak mengusik sistem sama sekali: Magisk menciptakan semacam sistem tiruan tanpa mengubah sistem itu sendiri. 
The Universal Systemless Interface, to create an altered mask of the system without changing the system itself.
Dev dari Magisk adalah seorang user dari XDA, yakni topjohnwu pada tahun 2016. Beliau memberikan sesuatu yang baru dalam dunia permodifikasian Android. Yang hebatnya lagi Magisk bersifat open source.

Fitur Magisk

  • Magisk Hide: fungsinya untuk menyembunyikan status root atau suatu aplikasi. Bisa diterapkan kepada aplikasi yang melarang usernya menggunakan root. Semisal aplikasi perbankan (kalau dulu gampang, sekarang tidak tahu apa masih bisa bekerja apa tidak untuk app perbankan).
  • Modules: pengelolaan modul-modul tweak, baik memasang atau melepaskan tweak.
  • Downloads: menu untuk mendownload berbagai macam modul tweak dari direktori Magisk
  • Systemless hosts: berguna untuk memblokir iklan

Kelebihan Magisk

Beda dengan pendahulunya, yakni Superuser, kelebihan Magisk di sini adalah mampu menyembunyikan status root itu sendiri dengan fitur Magisk Hide yang sudah disebutkan di atas. Lalu beberapa diantaranya kelebihan Magisk adalah banyaknya dukungan modul dari pengembang lain. 

Kamu bisa mendapatkan banyak sekali pengalaman baru dengan menggunakan modul-modul tersebut. Dan yang paling sakti dari semuanya itu, yakni semuanya itu tidak mengusik sistem sama sekali.

Serta yang tidak kalah pentingnya adalah kita dengan gampang sekali melepaskan root dari ponsel kita dengan menggunakan Magisk ini. 

Jelas sekali kalau Magisk ini sudah beribu-ribu langkah ke depan dibandingkan dengan #SuperSU.

Root Samsung J7 Prime

Baiklah sekarang waktunya untuk melakukan prosesi root pada Samsung J7 Prime. Ini adalah bahan-bahan yang mesti kalian siapkan sebelumnya. 
  1. Pastikan ponsel kalian sudah terpasang TWRP, jika belum ikuti panduannya di cara install TWRP Samsung J7 Prime
  2. Jika sudah, langsung kalian download file Magisk 
  3. Selesai download, ubah extensi Magisk.apk menjadi Magisk.zip
  4. Reboot (masuk) ke TWRP dan pilih menu Install 
  5. Pilih file Magisk.zip yang sudah kalian download tadi lantas swipe untuk melakukan flash
  6. Reboot ponsel
  7. done, ponsel kalian sudah root!
Untuk modul-modulnya sendiri, kalian bisa lihat dan pilih di Magisk Manager nanti yang otomatis akan muncul setelah penginstalan magisk di TWRP. 

Oke, itulah artikel Cara Terbaru Root Samsung J7 Prime dengan Magisk, semoga membantu.